PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FIQIH 1 INTENSIF D GONTOR

Ahmad Nahidl Silmy(1), Siti Nuraini(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Darussalam Gontor
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini diadakan dengan bertujuan untuk mengembangkan keaktifan dan kualitas belajar siswa KMI 1 Intensif D pelajaran Fiqih. Peneliti menggunakan variasi model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) metode Talking Stick yang berupa persiapan, pelaksanaan, observasi, dan spekulasi. Terdapat dua siklus untuk dalam penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya adalah siswa 1 Intensif D KMI di Pondok Gontor Putri dan Instrumen penelitiannya berupa lembar observasi dan tes tertulis. Pencapaian dari akhir penelitian yang dilakukan oleh peneliti menghasilkan kenaikan yang signifikan. Hasil penelitian ini yaitu meningkatnya keaktifan dan kualitas belajar siswa dengan pencapaian keaktifan 66,43% pada siklus I, lalu mengalami peningkatan 77,54 % pada siklus II dengan selisih 11,11%. Dan peningkatan pada hasil belajar Fiqh dengan model pembelajaran Talking Stick dengan pencapaian 81,50 % pada siklus I, dan mengalami kenaikan 85,80 % pada siklus II dengan selisih 4,30%. Dari penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru pengampu materi Fiqih kelas 1 Intensif D KMI untuk tidak menggunakan satu metode pembelajaran saja, serta menjadikan model pembelajaran Talking Stick sebagai strategi rujukan pada proses pembelajaran materi Fiqih


Keywords


Hasil Belajar; Fiqh; Model Pembelajaran; Talking Stick

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aini, N. Q. (2018). Metode Pembelajran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di Kelas IV SDN Kota Batu 03. ASIS, 2(1), 479.

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam Untuk Membentuk Karakter Siswa Sebagai Pembelajar. Tadris, 2(2), 1.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Fajri, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN MEURAXA. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1), 2.

Hasmiati. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan Dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Biotek, 5(1), 5.

Noviasari, W. (2018). Penggunaan Metode Talking Stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA. IAIN METRO.

Rachmawati, R. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Subtema Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi Melalaui Model Problem Based Learning di Kelas IV. Pasundan.

Rusman, M. P. (2016). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. rajawali pres.

Setiawan, I. (2020). Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqh Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Di MTSN 5 Kaur. IAIN BENGKULU.

Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip dan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas.

Suprijono, A. (2019). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Zaenudin. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Strategi Bingo. Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 2.

Zarkasyi, K. . I. (2013a). Fiqih (1st ed.). Ponorogo: Trimurti Press.

Zarkasyi, K. H. I. (2013b). Tarbiyah (1st ed.). Ponorogo: Darussalam Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).