UPAYA GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SDN 009 BANDARSYAH NATUNA

Mustaqim Mustaqim(1*), Romelah Romelah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya guru dalam pembentukan akhlak siswa di SD OO9 Bandarsyah. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif lapangan, bentuk penelitiannya ialah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: akhlak siswa di SD 009 Bandarsyah baik, ramah, dan santun. Namun, masih ada yang akhlaknya perlu dibenahi dan menjadi perhatian guru, seperti menghormati, patuh, sopan, santun, dan berjabat tangan saat bertemu. Tujuannya agar siswa memiliki sikap toleransi terhadap sesama. Penerapan akhlak siswa kepada guru sangat penting  menghormati guru, dan mentaati guru serta berkarakter kepada sesama teman seperti saling tolong menolong, peduli dan menyayangi, menghargai pendapat teman, dan saling menyapa di SD 009 Bandarsyah, difokuskan pada empat upaya yaitu: Sebagai pendidik, pembimbing, motivator dan evaluator dalam pembentukan akhlakul karimah dengan mengadakan kegiatan keagamaan yaitu sholat dhuhur berjamaah, membaca ayat Al-Qur'an didepan majelis guru sebelum masuk kelas setiap pagi selasa, penyampaian santapan rohani sebelum masuk kelas setiap pagi jum’at, dan memperingati hari besar Islam, serta metode yang digunakan dalam pembentukan akhlak siswa, yaitu metode cerita, contoh, pembiasaan dan demonstrasi

 


Keywords


Upaya Guru; Pendidikan Agama Islam; Akhlak Siswa

References


Anggraeni, C., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. 0(12).

Dedy, A. (2020). Pemahaman Guru Kelas …. (Adrianus Dedy). Vol. 18 No, 49–55.

Djollong, A. F. (2017). 274-Article Text-943-1-10-20191015. Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, IV (2), 122–137. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/274

Huda, A. M., Maritsa, A., Ahmad, U., Yogyakarta, D., Guru, K., Islam, P., & Dalam, G. (2021). Kedudukan Guru Dalam Perspektif Pendidikan. 18(2).

Jam’an. (2018). Pendidikan Akhlak Dalam Al-qur’an Kajian Teori dan Praktek. 60–71.

Maldarisa, O. G. (2017). Hubungan Antara Metode Pembiasaan Dengan Sikap Religius Anak Usia Dini di PAUD Kelompok Bermain Mawar 02 Kabupaten Lumajang. 7–9.

Rasyidi, R., Hayani, R. A., & Ilmiah, W. (2020). Guru dalam Pendidikan Islam, antara Profesi dan Panggilan Dakwah. JAWARA: Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 19–38. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/issue/view/821

Riyadi, A. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 52–67.

Sakir, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 12(1), 103. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.370

Sugianto, H., & Djamaluddin, M. (2021). Instilling Akhlakul Karimah through Islamic Education Learning (PAI) (Phenomenological Study at Senior High School). DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(1). https://doi.org/10.22373/jie.v4i1.7184

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (cetakan ke). Alfabeta, CV.

Umasugi, H. (2020). Guru Sebagai Motivator. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 6(2), 29–38. http://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/7

Utomo, S. T. dan A. S. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul. Penelitian, 11(1), 55–68.

Wahid, A. (2015). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam ( Concept and Objectives of Islamic Education ). Istiqra’, III(1), 18–23.

Wahyuningsih, S. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-qur’an.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).