PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI JUJUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA SMP NURUL JANNAH KABUPATEN NATUNA

Ferri Irawan(1*), Romelah Romelah(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI pada materi jujur dengan menggunakan metode diskusi pada siswa di SMP Nurul Jannah dan hasil pembelajarannya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, sedangkan lokasi penelitiannya di SMP Nurul Jannah Bandarsyah Kabupaten Natuna dengan informan guru PAI dan siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI pada materi jujur metode diskusi demgan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Kegiatan awal yang dilakukan oleh guru, yaitu: menyampaikan tujuan materi jujur, dan menentukan jalannya diskusi dengan membagi peserta didik menjadi 5 kelompok dari 25 siswa beserta tata tertibnya, dilanjutkan merumuskan masalah yang akan disajikan. (2) Kegiatan inti dilakukan oleh siswa, yaitu mempresentasikan materi diskusi meliputi: memahami perilaku jujur, contoh penerapan perilaku jujur, memahami perilaku menepati janji, contoh penerapan perilaku menepati janji dan menceritakan kisah teladan perilaku jujur. Dilanjutkan masing-masing kelompok memberikan kesimpulan: perilaku jujur adalah berkata benar dan sesuai dengan kenyataan, contoh perilaku jujur ketika diperjalanan menemukan dompet maka dikembalikan pada orangnya, perilaku menepati janji berarti melaksanakan janji yang pernah diucapkan kepada orang lain, contoh menepati janji ketika kita berjanji untuk hadir pada acara tertentu maka kita harus hadir, dan kisah teladan yang dapat diambil dari perilaku jujur adalah kejujuran akan membimbing pada kebaikan. (3) Kegiatan penutup dilakukan oleh guru dengan memberikan evaluasi dengan materi jujur maka kita semua diharapkan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari


Keywords


Pembelajaran; PAI; Metode Diskusi

References


Arief, A. (2022). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pers.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fikri, A. A. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7.

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Ida. (2022). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar pai pada peserta didik kelas vi di sekolah dasar negeri kecil liba curio kabupaten enrekang. Jurnal Istiqra’, 9.

Irwan. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312

Sonin. (2021). Metode Pendidikan Rasulullah SAW dan Relevansinya dengan Metode Pendidikan Islam Masa Kini. Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 1(1).

Sopakua, S. (2021). Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Motivasi Belajar Terhadap Daya Serap Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 130–147.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104–115. https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=9910012516550974052&hl=id&as_sdt=0,5

Syahraini, T. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan , 12(1), 1–20.

Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).