TEOLOGI DAN FILSAFAT SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Eka Firmansyah(1*), Khozin Khozin(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Dari masa kemasa kita sering menemukan berbagai perkembangan dalam pendidikan Islam. Oleh karena itu, untuk menghadapi situasi yang terus berubah-ubah dibutuhkan pengembangan-pengembangan yang jelas yang berlandaskan atas berbagai pertimbangan yang matang sehingga apa yang diupayakan bisa tepat pada sasaran yang dituju.   Artikel ini bertujuan untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip pengembangan kurikulum diterapkan dalam pengembangan pendidikan agama Islampenelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan literature-literatur yang berkaitan dengan poin yang akan dibahas. Dengan demikian hasil kajian yang kami lakukan ditemukan bahwasanya, ada beberapa asas dalam pengembangan kurikulum PAI diantaranya adalah asas teologi dan filsafat. Asas teologi adalah asas yang merujuk pada Al-Qur’an dan Hadits, sedangkan asas filsafat adalah asas yang berdasarkan filosofi. Dengan menggunakan landasan-landaran ini diharapkan mampu menghasilkan kurikulum yang mudah untuk dipahami, mudah pula untuk dijalankan, serta sesuai dengan kondisi para siswa diberbagai penjuru di Indonesia, tidak hanya berpegang atau berpatokan pada kondisi siswa di daerah-daerah tertentu


Keywords


Teologi; Filsafat; Pengembangan Kurikulum; Pendidikan Agama Islam

References


Addakhil, M. I. J. (2019). . Problematika Pengembangan Kurikulum, Vol. 9, No. 1, (2019). 9(1).

Akmansyah, M. (2015). Al-Qur?an dan As-Sunnah sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2).

Baharun, H. (2018). CURRICULUM DEVELOPMENT. Cendekia, 16(1).

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 1(11).

Dadan, R. (2020). Permasalahan Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan. PAUD FIP Universitas Negeri Padang.

Dakir. (2014). Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum . (Jakarta: Rineka Cipta., 2014).hlm.174. Rineka Cipta.

Didiyanto, D. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum Pai Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Fauzulhaq, M. H. (2017). Konsep Teologi Dalam Perspektif Seren Taun Di Kesepuhan Cipta Mulya. Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1).

Hamalik, O. (2013). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.

Mundiri, A. (2018). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai Di Smp Nurul Jadid’, Tadrib. 4(1).

Sukmadinata, N. S. (2013). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Press.

Winarso, W. (2015). Dasar Pengembangan Sekolah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).