IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA YOUTUBE DI SMP NURUL JANNAH NATUNA

Hasmiza Hasmiza(1*), Romelah Romelah(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media youtube di SMP Nurul Jannah Natuna. 2) Menjabarkan alasan guru PAI dalam mengimplementasikan pembelajaran melalui media youtube di SMP Nurul Jannah Natuna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media youtube dilaksanakan dengan dua bentuk: 1) Guru menyajikan materi melalui video youtube dalam kegiatan pembelajaran menggunakan  proyektor dan smart TV untuk memperkaya wawasan atau pengetahuan peserta didik 2) Guru membimbing dan mengarahkan siswa dengan account masing-masing untuk menggunakan perangkat chromebook atau komputer di sekolah. Siswa secara mandiri mencari bahan atau materi belajar serta jawaban permasalahan yang diberikan berupa catatan kesimpulan. Alasan guru PAI mengimplementasikan pembelajaran berbasis media youtube adalah: 1) Penggunaan media youtube bisa menambah daya tarik dan minat belajar siswa dalam memahami materi yang disajikan serta tidak merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. 2) Penggunaan media youtube dapat mempermudah guru dalam menyajikan materi pembelajaran serta dapat memberikan pengalaman dan wawasan baru dalam mengajar


Keywords


Implementasi; Media; Youtube; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183

Chabibie, M. H., Hakim, W., & Hakim, W. (2016). Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan Kebergunaan Web : Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud. 8(1), 37–59.

Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Deswin, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menyimak Bahasa Inggris (Studi Pada Siswa SMK Swasta Jakarta Pusat). Research and Development Journal Of Education, 4(2), 41–63.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Ha, R. C., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & S., A. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kegiatan Pembelajaran. Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 131–138.

Hergenhahn, & Olson, M. H. (2017). Theoris Of Learning (7th ed.).

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

Munthe, B. (2017). Strategi Mengajar Aktif Kreatif dan Inovatif. Suka Press.

Muzaki, A. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30.

Nastiti, & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Schunk. (2012). Learning Theories an Educational Perspective. Pustaka Pelajar.

Setyawati, Y., Sugiharto, F. B., Rosyana, J., Cahyanto, B., Rini, T. A., & Yusuf, A. (2021). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran dalam Persiapan Siswa Menghadapi Dunia Kerja. MOTORIC, 5(2).

Sistadewi, M. (2019). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 186–194. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/3500/pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulasih. (2017). Pembelajaran bahasa inggris melalui multimedia. JURNAL INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG, 2(4), 200–204.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Umro, J. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Makrifat, 5(1), 79–95.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).