MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK MAHASISWA PAUD

Nuryati Nuryati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahan ajar merupakan berbagai bentuk bahan yang digunakan untuk membantu mahasiswa dan dosen ketika kegiatan perkuliahan berlangsung, dengan tujuan agar mahasiswa mendapatkan kemudahan dan memahami semua materi yang diajarkan.  Berdasarkan hasil observasi di PG PAUD, PT SB dalam mata kuliah APE belum memiliki buku yang khusus sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami mata kuliah tersebut, maka dilakukan penelitian bertujuan agar dapat menghasilkan buku bahan ajar mata kuliah alat permainan edukatif (APE) yang dapat digunakan mahasiwa terutama mahasiwa PAUD. Upaya yang dilakukan agar tujuan tercapai yaitu menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Pengembangan alat permainan edukatif untuk anak usia dini mimiliki tahapan pengembangan sebagai berikut, Tahap Studi Pendahuluan, Tahap Pengembangan Model, Tahap Ujicoba dan Revisi Produk. Hasil penelitian yang dilakukan ditandai dengan adanya peningkatan pemahaman dan kreativitas guru PAUD, serta efektivitas alat permainan edukatif terhadap kecerdasan jamak pada anak usia dini. Penelitian yang dilakukan menghasilkan buku bahan ajar mata kuliah alat permainan edukatif untuk anak usia dini yang tersusun diperuntukkan bagi semua mahasiswa S1 PG-PAUD yang telah tervalidasi oleh para ahli.  Untuk capaian luaran jangka panjang hasil kegiatan telah di submit pada jurnal PG-PAUD PT SB. Buku bahan ajar yang telah dihasilkan dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa dan dosen pada mata kuliah alat permainan edukatif


Keywords


Permainan; Edukatif; Anak; Usia; Dini

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifuddin. (2019). Pelaksanaan Workshop Di SMP Negeri 6 Medan Untuk Meningkatkan Kualitas Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dan Silabus Tahun Pembelajaran 2019/2020. 29–44.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI , FKIP , UNISSULA Meilan Arsanti Email : meilanarsanti@unissula.ac.id Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Fakulta. 71–90.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Fadillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. PG-PAUD Univeristas Muhammadiyah Ponorogo.

Fathul Mujib & Nailur Rahmawati. (2013). Metode Permainan-permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. DIVA Press.

Habibi. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish.

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Kurniawan, D., Sukamto, P. A. R. I., & Cahyani, R. Y. D. (2015). Implementasi Silabus Dalam Penerapan Materi Pelajaran Pendidikan Kursus Tamtama Musik Oleh Departemen Jahrillurja Di Pusdikajen Lembang. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3905

Marsono, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyusun Silabus Mulok Kebencanaan Melalui Pelatihan Bagi Guru Kelas Atas. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(2), 103–116. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i2.3041

Muazzomi, N., & Sofyan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pengembangan APE Berbasis Kewirausahaan S1 PG- PAUD FKIP Universitas Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 742–749. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.15780

Nuryati. (2022). Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. In D. Tesniyadi (Ed.), Media Edukasi Indonesia (pertama, Vol. 1). Media Edukasi Indonesia.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.

Ruhiat, Y., & Djumena, I. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X ( The Development of Digital Teaching Materials In Electrical And Electronic Basic Learning Class X ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(November), 156–168.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66–74.

Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Di Tk Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13042




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).