EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN CERITA PAGI ISLAMI DALAM MENANAMKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD ALAM AR-ROHMAH

Novita Asna Wardati(1*), Romelah Romelah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi dalam pelaksanaan cerita pagi Islami di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, untuk itu dalam hal ini dibutuhkan pengamatan pelaksanaan dan evaluasi cerita pagi Islami pada peserta didik, sehingga dapat mengetahui bagaimana akhlak peserta didik secara langsung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa pelaksanaan cerita pagi Islami dibutuhkan oleh pendidik dan peserta didik. Hal ini dikarenakan pendidik menjadi lebih mudah dalam memberikan nasihat secara tidak langsung kepada peerta didik, dimana pendidik memberikan pembinanan dengan bentuk cerita pagi yang menyenangkan sebelum memulai pembelajaran. Pada usia yang merupakan fundamental yang haruslah diberikan pendidikan akhlak sedini mungkin dengan memberikan kisah-kisah teladan yang menarik agar tertanam pada diri peserta didik. Materi yang disampaikan adalah sesuai dengan keadaan siswa. Seluruh indikatornya dirancang untuk memperbaiki serta dapat membina akhlak siswa melalui cerita yang disampaikan


Keywords


Cerita Pagi Islami; Menanamkan Akhlak; SD Alam; Ar-Rohmah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ayuna, Q., & Fitriani, F. (2018). Peningkatan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Islami. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 3(4), 101–123.

Creswell, J. W. (2019). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran.

Fauziah, D. F. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(Volume 10), 61–70. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2800

Husain, M. (2017). Syarah 10 Mushafat. PT Era Adi Citra.

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Raudhah, 06(02), 1–26.

Niam. (2022). No Title.

Palah, & Soe’aiddy, M. D. (2019). Pembelajaran Nilai-nilai Moral Islami melalui Bermain, Cerita dan Menyanyi (Di RA At-Tarbiyyah Cijabon Cicantayan Kabupaten Sukabumi). WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 34–45.

Putri, H. (2017). Penggunaan Metode Cerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87–95. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/957

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).