PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR USHUL FIQH 3E GONTOR
(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Darussalam Gontor
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan keaktifan dan kualitas belajar siswi KMI 3E pelajaran Ushul Fiqh. Peneliti menggunakan variasi metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang berupa persiapan, pelaksanaan, observasi, dan spekulasi. Terdapat dua siklus untuk dalam penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik 3E KMI di Pondok Gontor Putri dan Instrumen penelitiannya berupa lembar observasi dan tes tertulis. Pencapaian dari akhir penelitian yang dilakukan oleh peneliti menghasilkan kenaikan yang signifikan. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan keaktifan dan kualitas belajar peserta didik dengan pencapaian keaktifan 77,37 % pada daur I, lalu mengalami peningkatan 78,18 % pada daur II dengan selisih 0,81%. Dan peningkatan pada hasil belajar Ushul Fiqh dengan model pembelajaran Team Games Tournament dengan pencapaian 79,54 % pada daur I, dan mengalami kenaikan 93,18 % pada daur II dengan selisih 13,64%. Dari penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru pengampu materi Ushul fiqh kelas 3E KMI untuk tidak menggunakan satu metode pembelajaran saja, serta menjadikan model pembelajaran Team Games Tournament sebagai strategi rujukan pada proses pembelajaran materi Ushul Fiqh
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Fahyuni, N. & E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Haryati, S. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Coopertive Learning. Graha Cendekia.
Khalaf, A. W. (2003). Ilmu Ushul Fikih. Pustaka Amani.
Kusuma Wardani. (2021). Pengaruh Model Pembelajran Team Game Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XA MAPK Mata Pelajaran Ushul Fiqh MAN 4 Jombang. Education and Management Studies, 4.
Masyhadi (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ushul Fiqh Melalui Perencanaan Sistem Pembelajaran di MI, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1.
Noor Tajuddin. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional NO. 20 Tahun 2003. Uinsika.
Ratieh, W., & Fachrurrozie. (2014). Teams Games Tournament (Tgt) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar. Dinamika Pendidikan Unnes, 9(1), 48–56.
Setianingrum, I., & Azizah, N. (2021). Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 315–327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1268
Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).