TANGGAPAN GURU TERHADAP PERANNYA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SDIT AL-QOLAM KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI

Eka Firmansyah(1*), Romelah Romelah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru adalah sosok yang sangat berarti didalam lingkup kehidupan manusia. Sebagai seseorang yang dikaruniai ilmu oleh Allah SWT yang mana ilmu tersebut digunakan untuk memperoleh dan menuju kebaikan baik dunia dan akhirat. Artikel ini membahas tentang bagaimana tanggapan guru terhadap perannya dalam melaksanakan pembelajaran. Yang darinya kami menemukan bahwa para guru sepakat bahwasanya setiap guru harus maksimal dalam memenuhi perannya tersebut, sehingga bisa menghasilkan hasil belajar yang maksimal pula. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma naturalistik, dan juga jenis penelitian kualitatif, dan dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SDIT Al-Qalam Kelurahan Tinggede, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Yang sebagai mana hasil penelitian kami bahwa memang dengan guru-guru yang telah menyadari peran pentingnya disekolah tersebut, sehingga saat ini pengetahuan atau wawasan para siswa SDIT Al-Qalam terus dibanding dengan siswa di sekolah-sekolah lain. Hal ini bisa diketahui dari berbagai prestasi yang mereka dapatkan keilmuan seperti cerdas cermat, dll. Dan juga saat ini SDIT Al-Qalam berhasil menjadi sekolah incaran orang tua siswa karena mereka meliha lulusan-lulusan yang dihasilkan oleh SD tersebut


Keywords


Tanggapan Guru; Peran Guru; Pelaksanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Creswell, J. W. (2016). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djollong, A. F. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Istiqra’, IV(2), 209.

Hibana, H., Kuntoro, S. A., & Sutrisno, S. (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religius Di Madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.5922

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Iqbal, A. M. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).