PEMBELAJARAN AKHLAK MATERI “SEKELUMIT AKHLAK NABI” DENGAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; a) Mendeskripsikan pembelajaran Akhlak dalam materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode pembelajaran Jigsaw kelas 8 SMP IBS Al Hamra, b) Mengetahui antusias siswa dalam pembelajaran Akhlak materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode Jigsaw, c) Mengetahui kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Akhlak materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode Jigsaw. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akhlak dan beberapa siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran di hari tersebut. Peneliti membandingkan proses pengamatan pertama yakni pembelajaran Akhlak tanpa menggunakan metode Jigsaw, pengamatan kedua yakni pembelajaran menggunakan metode Jigssaw menunjukkan bahwa; a) Pembelajaran Akhlak dalam materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode pembelajaran Jigsaw kelas 8 SMP IBS Al Hamra berjalan lancar, b) Antusias siswa meningkat dalam pembelajaran dengan menggunakan metodo Jigsaw, c) Siswa lebih percaya diri dalam pembelajaran seperti berdiskusi, menyampaikan materi depan kelas dan bertanya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Belajar.
HUDA, A. N. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dalam proses pembelajarannya siswa dikelompokkan dan setiap siswa bertanggungjawab atas materi yang ditugaskan guru , dan siswa kepada anggota lain dalam kelompoknya. 1–14.
Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 3(1), 81–91. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1330307
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102. http://media.neliti.com
Mardliyah, A. (2015). Metode Jigsaw Solusi AlternatiF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 10, N(2), 229–254.
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Rejeki, N. S., & Suwardi, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 37. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Peserta didik.
Waspada. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Kelas XI Madrasahaliyah (MA) Al Nahdlah Islamic Boarding School Bojongsari Depok Jawa Barat. JTA: Jurnal Tunas Aswaja 1, April, 9–18. https://doi.org/10.47776/tunasaswaja.v1i1.339
Wulandari. (2018). Penerapan Model Project Based Leraning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V MIN 38 Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).