PEMBELAJARAN AKHLAK MATERI “SEKELUMIT AKHLAK NABI” DENGAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Muhammad Fajar Hidayat(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; a) Mendeskripsikan pembelajaran Akhlak dalam materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode pembelajaran Jigsaw kelas 8 SMP IBS Al Hamra, b) Mengetahui antusias siswa dalam pembelajaran Akhlak materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode Jigsaw, c) Mengetahui kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Akhlak materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode Jigsaw. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akhlak dan beberapa siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran di hari tersebut. Peneliti membandingkan proses pengamatan pertama yakni pembelajaran Akhlak tanpa menggunakan metode Jigsaw, pengamatan kedua yakni pembelajaran menggunakan metode Jigssaw menunjukkan bahwa; a) Pembelajaran Akhlak dalam materi “Sekelumit Akhlak Nabi” menggunakan metode pembelajaran Jigsaw kelas 8 SMP IBS Al Hamra berjalan lancar, b) Antusias siswa meningkat dalam pembelajaran dengan menggunakan metodo Jigsaw, c) Siswa lebih percaya diri dalam pembelajaran seperti berdiskusi, menyampaikan materi depan kelas dan bertanya


Keywords


Akhlak; Pembelajaran; Metode Jigsaw; Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Belajar.

HUDA, A. N. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dalam proses pembelajarannya siswa dikelompokkan dan setiap siswa bertanggungjawab atas materi yang ditugaskan guru , dan siswa kepada anggota lain dalam kelompoknya. 1–14.

Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 3(1), 81–91. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1330307

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102. http://media.neliti.com

Mardliyah, A. (2015). Metode Jigsaw Solusi AlternatiF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 10, N(2), 229–254.

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Rejeki, N. S., & Suwardi, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 37. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Peserta didik.

Waspada. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Kelas XI Madrasahaliyah (MA) Al Nahdlah Islamic Boarding School Bojongsari Depok Jawa Barat. JTA: Jurnal Tunas Aswaja 1, April, 9–18. https://doi.org/10.47776/tunasaswaja.v1i1.339

Wulandari. (2018). Penerapan Model Project Based Leraning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V MIN 38 Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).