PENERAPAN MEDIA SNACK VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA BAHASA INGGRIS
(1) (Sinta Id: 6009591) Universitas Mohammad Husni Thamrin
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran online yang berjalan selama pandemic covid 19 mendorong dosen untuk mencitpakan pembelarajan yang inovatif dan kreatif. Hal ini agar capaian belajar tercapai dan kelas pembelajaran berjalan efektif, sebab Ketika pembelajaran online berjalan, kemampuan mahasiswa terlihat turun dalam akademisnya. Salah satu kreativitas dosen dalam mengajar adalah memanfaatkan media pembelajaran, salah satu media yang bisa dimanfaatkan adalah media social. Dalam hal ini peneliti tertarik menggunakan media social Snack Video untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa pada matakuliah speaking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara Bahasa inggris mahasiswa melalui penggunaan media belajar Snack Video. Metode yang digunakan pada penilitan ini adalah kualitatif dengan pendekatan ADDIE. Adapun hasil penelitian ini bahwa penggunaan media Snack Video mampu meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa untuk berbicara Bahasa inggris, nuasansa belajar dikelas dengan metode belajar Role Play, Diskusi dan Colaborative Learning yang menggunakan media belajar Snack Video menjadikan pembelajaran online yang efektive dan menyenangkan bagi mahasiswa. Keberanian dalam mengeluarkan ide dan berani berkespresi menggunakan Bahasa inggris meningkat dibandingkan sebelumnya (pembelajaran tanpa media Snack Video). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemilihan media belajar menjadi salah satu unsur penting dalam pembelajaran online, dan media belajar Snack Video mampu meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam berbicara Bahasa inggris
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Aminuddin, A., Rahman, A., & Nurlansi, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Biofiskim: Pendidikan Dan Pembelajaran IPA, 3(1), 19. https://doi.org/10.33772/biofiskim.v3i1.16075
Arista Aulia Firdaus, Unik Hanifah Salsabila, S. S. M. (2021). Perubahan Model dan Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 87–97.
Fajriyah, W. S. (2022). Kendala Pembelajaran Daring Yang Dialami Oleh Siswa Sd Pada Masa Covid-19 Salsabila Wardatul Fajriyah. 9(1).
Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5
Fitriyani, F., Febriyeni, M. D., & Kamsi, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19. Edification Journal, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.221
Habibillah, P., Zaini, M., & Ngadhimah, M. (2021). Pengaruh E-Learning dan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 739–756. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1106
Meinawati, E., & Baron, R. (2019). Media Sosial Dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Penggunaan Facebook Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 34–51. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.679
Negeri, P., Kreatif, M., & Info, A. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Agama Islam Pada Masa Pandemi Virus Covid 19 Berbasis Podcash Sosial Media Musik Spotify di Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(2), 293–302. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i2.6272
Nurul, A., & Mutiara, F. N. (2021). Tiktok : Supplementary Instructional Media in Speaking Skill During Pandemic Covid 19. 8(2), 26–31.
Prastika, D., Hawanti, S., & Mareza, L. (2019). Permasalahan Yang Dihadapi Guru Dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Inventa, 3(2), 136–146. https://doi.org/10.36456/inventa.3.2.a2012
Ruski, R., & Sholeh, Y. (2019). Pembelajaran Project Based Learning Dengan Menggunakan Sosial Media You Tube Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 3(2), 151. https://doi.org/10.29408/jpek.v3i2.1667
Sembiring, R. A., & Waruwu, E. (2020). Eksistensi Media Dalam Pembelajaran Melalui Media Sosial Dan Media Audiovisual Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Prima Indonesia. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 352–360. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.19876
Supiningsih, S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Eclectic Dalam Pengajaran Writing. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.2544
Suttrisno. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).