PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KETERLIBATAN SISWA DIMODERASI DUKUNGAN ORANG TUA

Dyah Tresnowati(1*), Sunarto Sunarto(2)

(1) Universitas Stikubank Semarang
(2) Universitas Stikubank Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini mengukur dan analisa kemandirian belajar dan motivasi berprestasi terhadap keterlibatan siswa dengan dukungan orang tua sebagai pemoderasai pada SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang. Metode yang dipakai pada riset ini yakni kuantitatif dan siswa kelas VII menjadi populasi di riset ini. Teknik pengujian mencangkup uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi, uji t dan uji moderasi. Uji validitas memakai analisa faktor dan uji reliabilitas memakai koefisien alpa. Hasil uji diperoleh 0,917 untuk variabel kemandirian belajar, 0,911 untuk variabel motivasi berprestasi, 0,948 untuk variabel dukungan orang tua dan 0,862 untuk variabel keterlibatan siswa. Hasil riset ini menerangkan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap keterlibatan siswa tetapi motivasi berprestasi tidak memiliki pengaruh pada keterlibatan siswa, dukungan orang tua tidak berpengaruh pada keterlinatan siswa, dukungan orang tua mampu memoderasi hubungan kemandirian belajar terhadapa keterlibatan siswa dengan hasil berpengaruh negativ. Motivasi berprestasi terhadap keterlibatan siswa tidak dimoderasi oleh dukungan orang tua


Keywords


Kemandirian Belajar; Motivasi Berprestasi; Dukungan Orang Tua; Keterlibatan Siswa

References


Allen, I. E., Seaman, J., Poulin, R., & Straut, T. T. (2016). Online Report Card: Tracking Online Education in the United States. Retrieved March, 23, 2016.

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 8(2), 126–143. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. JMM!17: Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.30996/jmm17.v2i01.422.

Bildam W & Fadillah, A, (2020). An Analysis of Students in Independent Learning of Analytic Geometry During the COVID-19 Pandemic. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika). 4(2). 166-172.

Broadbent, J., & W. L., P. (2015). Self-Regulated Learning Strategies & Academic Achievement in Online Higher Education Learning Environment: A Systematic Review. The Internet and Higher Education, 27, 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.04.007.

Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.

Dewi Kuntary Ibrahim, I., Cahyadi, I., Anggriani, R., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Penggunaan E-Learning Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bumigora). Target: Jurnal Manajemen Dan Bisinis, 2(2), 265–278. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/target/article/view/1016/640

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematikka.

du Toit-Brits, C., & van Zyl, C. M. (2017). Self-Directed Learning Characteristics: Making Learning Personal, Empowering and Successful. Africa Education Review, 14(3–4), 122–141. https://doi.org/10.1080/18146627.2016.1267576

Dharmayana, Masrun, Kumara, A & Wirawan, Y.G. (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediator Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, 1 (39), 76-94.

Dwi Anjarini, A. (2018). Analisis Pengaruh Emotional Quotient, Intelligence Quotient dan Spiritual Quotient Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen).

Dwi Nurmala, M., Mulyapradana, A., & Sofiyanti, M. (2020). Hubungan Antara Citra Merek Dengan Minat Beli Hand Body Lotion Pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA 2 CIPOCOK JAYA KOTA SERANG. Economicus. https://doi.org/10.47860/economicus.v14i2.194

Elshifa, A., Anjarini, A. D., & Kharis, A. J. (2019). Pengaruh Quality of Work Life dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dosen Yang Dimediasi Komitemen Organiasi (Studi pada Dosen Politeknik Pusmanu Pekalongan). Ecomomicus, 10(2), 189–200.

Fikrie, & Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkaan keberhasilan siswa di sekolah. Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019: Menjadi Siswa Yang Efektif Di Era Revolusi Industri 4.0, 1(1), 103–110.

Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Galugu, Nur Saqinah., Baharuddin (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial, Motivasi Berprestasi dan Keterlibatan Siswa Di Sekolah. Journal of Islamic Education Management, 3(2), 53–64.

Galugu, N. S., & Amriani, A. (2019). Motivasi Berprestasi Sebagai Mediasi Pada Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Keterlibatan Siswa di Sekolah. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa. https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i2.414.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). In Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.

Gujarati, D, N & Porter, D, C. (2009). Basic Econometrics. McGraw-Hill.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Haryani, R., & Tairas. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Dan Perkembangan, 3(1), 30–36.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9

Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian (A. U. Tenri Pada (ed.); 1st ed.). Syiah Kuala University Press.

Jeffrey., I., & Soleman, M. (2017). The effect of work discipline, achievement motivation and career path toward employee performance of The National Resilience Institute of The Republic of Indonesia. International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management (IJAIEM), August. 6 (8). 106-113.

Joko Waluyo, S., & Sugiyarto, S. (2015). Hubungan Antara Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Motivasi Belajar dan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Di Akademi Keperawatan PPNI Surakarta. Jurnal Keperawatan Intan Husada, 1(1), 31–47. https://akperinsada.ac.id/e-jurnal/index.php/insada/article/view/6/5

Kaur, K. (2013). A Study of The Relationship Between Self-Beliefs and Achievement Motivation. MIER Journal of Education Studies, Trends & Practices. 3. 2. 207-217.

Kharis, A. J., Dwi Anjarini, A., Mulyapradana, A., & Elshifa, A. (2021). Penataan Ruang Kantor dan Kinerja Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di CV Andromeda Multi Sarana. Public Service and Governance Journal, 2(1), 47–57.

Lee, J., Song, H., & Hong., A, J (2019). Exploring Factors, and Indicators for Measuring Students’ Sustainable Engagement in e-Learning. Sustainability, 11, doi:10.3390/su11040985.

Lehmann, T., Hähnlein, I., & Ifenthaler, D. (2014). Cognitive, Metacognitive and Motivational Perspectives on Preflection in Self-Regulated Online Learning. Computers in Human Behavior, 32, 313–323. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.07.051

Maani, D. Al, & Roberts, A. (2018). Measuring Learning Independence and Transition through the First Year in Architecture. Researchgate, June.

Maltby, F. S., Gage NL, Berliner, D., & David C. 2005. Educational Psychology: an Australia and New Zealand Perspectiv. Brisbane: Jhon Willey & Sons.

Manalu, A., & Panjaitan, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Tahun Ajaran 2020/2021. JURNAL ILMIAH MAKSITEK, 5(4), 79–89.

Maulida, S. R., & Dhania, D. R. (2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Dukung Orang Tua Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Undip, 11(2), 1–8.

Misno, A., Mulyapradana, A., Tajibu, M. J., Saputra, N., Aziza, N., & Anita, T. L. (2021). Fundamentals of Social Reseacrh. GCAINDO.

Mota, R., & Scott, D. (2014). Education for Innovation and Independent Learning. In Education for Innovation and Independent Learning. https://doi.org/10.1016/C2013-0-19177-5

Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1567

Mukaromah, D., Sugiyo, & Mulawarman. (2018). Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran ditinjau dari Efikasi Diri dan Self Regu- lated Learning. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 14–19. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–447. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Mulyapradana, A. (2012). Hubungan Kebijakan Pengembangan Karir Terhadap Intensi Turnover Karyawan Di Divisi Marketing PT. Agromedia. Universitas Indonesia.

Mulyapradana, A., & Anjarini, A. D. (2020). The Influence of Entrepreneurship Subjects, Entrepreneurial Motivation, Family Support for Entrepreneurial Decision Making in Pusmanu Polytechnic Office Administration Students. Proceedings of the 2nd International Conference on Strategic Mental Revolution (ICoSMR), 1(1), 162–182. http://conference.loupiasconference.org/index.php/ICSMR/article/view/102

Omar, N. I., & Ibrahim, A. B. (2020). Pengajaran dan Pembelajaran Litar Elektronik Berbentuk Komputer Terhadap Motivasi, Pencapaian dan Bebanan Kognitif Pelajar. International Journal of Education and Pedagogy (IJEAP), 2(4), 130–139.

Rahman, A. R. (2012). Pengaruh motivasi, lingkungan dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa pada jurusan teknik audio video Yogyakarta. Retrieved January 22, 2016 from http://eprints.uny.ac.id/9495/1/Ju rnal.pdf. Stillwell, R.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL BIOEDUKATIKA. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal.Pekalongankota.Go.Id.

Rosyidah, U.M. (2017). Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Islami. 3 (2).

Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.346

Schaefer, R.T., (2012). Sosiologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Schunk, D.H., Pintrich, P.R, dan Meece. (2012). Motivasi dalam Pendidikan; Teori, penelitian dan aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Setyawati, Yuli & Estiastuti, Arini. (2017). Hubungan Kemandirian dan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar PKN. Joyful Learing Joaurnal, 6 (4).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineke Cipta.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666.

Sunarto. (2008). Peran Persistensi Laba Memperlemah Hubungan Antara Earnings Opacity dengan Cost of Equity dan Trading Volume Activity (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public di Indonesia selain Sektor Keuangan dan Properti). Disertasi. Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Syahda, S. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Anak Retardasi Mental di SDLB BANGKINANG tahun 2016. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.25

Tutpai, G., & Edwina Dewayani Suharto, T. N. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Orangtua dengan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa. Http://Journal.Stikessuakainsan.Ac.Id/Index.Php/Jksi/Article/View/78, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51143/jksi.v2i2.78

Wang, C. H., Shannon, D. M., & Ross, M. E. (2013). Students’ Characteristics, Self-Regulated Learning, Technology Self Efficacy, and Course Outcomes in Online Learning. Distance Education, 34(3), 302–323. https://doi.org/10.1080/01587919.2013.835779.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).