PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA PROGRAM MADRASAH SANTRI SPESIAL RAMADHAN DI IIT RABBANI BENGKULU

Dian Silvia Rozza(1*), Romelah Romelah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an pada program madrasah santri spesial ramadhan di IIT Rabbani Bengkulu. Program yang selalu dilaksanakan sebagai upaya peningkatan keilmuan dan keimanan atau taqarruub ilaAllah, khususnya dibulan ramadhan. Allah memerintahkan umat muslim untuk mendekatkan diri, dan meningkatkan keimanan kepada Allah dengan amar ma’ruf nahi munkar. Perintah Allah dalam keutamaan bulan ramadhan, telah diupayakan oleh lembaga pendidikan IIT Rabbani dengan adanya program spesial ramadhan ini. Selain itu program program madrasah santri spesial ramadhan dilaksanakan agar tidak terjadinya kekosongan waktu dan meminimalisir mudharat dikalangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian terdahulu, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Urgensi pembelajaran Al-Qur’an di IIT Rabbani sebagai upaya penanaman rasa cinta terhadap Al-Qur’an (2) Pelaksanaan program madrasah santri spesial ramadhan di IIT Rabbani, meliputi tiga program yaitu qira’atul Qur’an jama’i, materi dan ilqa’ mufradat, tahfidzul Qur’an dan setoran tahfidz. (3) Faktor pendukung pelaksanaan madrasah santri adalah program unggulan berupa tahfidzul qur’an yang memudahkan siswa dalam menghafal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi berpuasa yang menurunkan stamina siswa untuk belajar dan hifdzul qur’an


Keywords


Pembelajaran; Al-Qur’an; Program Ramadhan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andayani, M., & Ahmad, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di MTS Mathla’ul Anwar Sukaluyu Kecamatan Nanggung. Tarbiatuna, 1(1), 18–53.

Aziz, M. H. (2020). Pembelajaran Maharah Kalam pada Program Kursus Bahasa Arab Pondok Pesantren Darul Lughah wad Dirasatil Islamiyah. Nady Al-Adab, 17(1), 13. https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.8630

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.

Erdawati, S., Sain, M., & Siagian, S. Y. (2020). Pesantren Kilat Ramadhan di Surau Ar-Rahman Sungai Beringin Kabupaten Indragiri Hilir. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 85–101. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.267

Fauzi, A., Muttaqin, A. I., & Aminah, S. (2021). Volume 01 , Number 05 February 2021. 01(05).

Hidayat, A. (2021). Buku Catatan Penuntut Ilmu. Quantum Akhyar Institute (QAI).

Ipastion, & Khadijah. (2019). Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang. Murabby, 2(1), 89–100.

Lisa, H., Mardiah, M., & Napratilora, M. (2020). Program Pesantren Kilat Ramadhan untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa SMPN 3 Tembilahan Hulu. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.268

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Nurhayati, L. S., & Sholeh, R. F. (2020). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasag Tsanawiyah Al-Firdaus Cipatat Bandung. Syntax Fusion: Jurnal Nasional Indonesia, 1(1), 159–172.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi ke-2). Alfabeta.

Tobroni. (2018). Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam Dari Idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual. Prenamedia Group.

Waidi. (2021). PERAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIDANG STUDI AL QURAN HADITS DI MADRASAH ALIYAH. Japendi, 2(9), 1616–1630.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Yuliani, F., Djamal, N. N., & Endi. (2019). Pengaruh Kebiasaan Tadabbur Al-Qur’an Terhadap kecerdasan Spiritualitas Anggota Komunitas Tadabbir Qur’an. Psikologi Islam, 6(2), 37–50.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).