POLA ASUH ORANG TUA PADA MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 15 KOTA BEKASI

Robiatul Adawiyah(1), Siti Suaedah(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Keluarga menjadi tempat bagi anak berkembang dan menjadi dewasa. Orang tua harus membantu membentuk karakter dan peranan seorang anak. Pembentukan ini dapat dilihat dari pola asuh.  Semua ini dilakukan untuk memupuk minat belajar anak di sekolah. Oleh sebab itu, Penulis tertarik untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap minat belajar siswa, khususnya di SMPN 15 Kota Bekasi. Penelitian ini berjudul “pola asuh orang tua pada minat belajar siswa di SMPN 15 kota bekasi. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendeketan survei. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua pada minat belajar siswa di SMPN 15 Kota Bekasi. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan angket untuk di isi oleh 34 siswa yang menjadi sampel penelitian. Uji data menggunakan uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Belajar siswa di SMPN 15 Kota Bekasi secara signifikan. Kontribusi pola asuh orang tua pada minat belajar sebesar 68,1%, dan 31,9% dipengaruhi faktor lain


Keywords


Pola Asuh; Orang Tua; Minat Belajar; Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apritia, C. K. & Barnadib, S.I. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta. Jurnal Keluarga Prodi PKK JPTK UST, 1(2), 82-88.

Djaelani, dkk. (2015). Dasar-dasar Kependidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Hudaya, Adeng. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86-97.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Putri, Y.S., Pratiwi, I.A., & Ismaya, E.A. (2020). Peran Pola Asuh dalam Pembentukan Minat Belajar Anak di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697-704.

Sabilla, M., Fitria, L., & Sefriani, R. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK N 9 Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, 8(2), 82-86.

Safitri, Y.A., Baedowi, S., & Setianingsih, E.S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3),508-514.

Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).