PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DARING) DAN MINAT BELAJAR PADA ERA PANDEMI COVID-19

Ayi Ahmad Maulana Yusup(1), Ani Interdiana Candra Sari(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) (Sinta Id: 6178910) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan jawaban secara empirik: (1) Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Dimasa Pandemi Covid-19, (2) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Dimasa Pandemi Covid-19, dan (3) Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Dimasa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan regresi linear ganda, sampel dalam penelitian ini adalah 193 mahasiswa Program Studi Teknik Industri semester 1 Universitas Indraprasta PGRI yang ditentukan dengan menggunakan Teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: terdapat (1) Pengaruh PJJ dan Minat Belajar secara simultan terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini menandakan bahwa semakin kreatif Dosen dalam memanfaatkan media belajar akan menumbuhkan minat belajar mahasiswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. (2) Pengaruh PJJ secara partial terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini menandakan bahwa semakin kreatif dan bervariatif Dosen dalam menggunakan media dan metide belajar selama PJJ, semakin semangat mahasiswa mengikuti pembelajaran dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. (3) Pengaruh minat belajar secara partial terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini menandakan bahwa semakin tinggi, semakin antusias, dan semangat dalam mengikuti PJJ akan meingkatkan hasil belajar mahasiswa


Keywords


PJJ; Minat Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apsari, R. A., Maulyda, M. A., & Humaira, N. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh. Jurnal Elemen, 6(2), 318–332. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderan Pendidikan Agama Islam.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1087. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1087-1094

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Firman, F. dan S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PJJ PADA MASA PANDEMI COVID 19. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75–82.

Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Nugroho, B. A. (2020). JASMANI DI SDI TELADAN SUCI JAKARTA TIMUR. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 2(3), 77–88. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.16368

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, Ratna Setyowati Putri, priyono B. santoso. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12., 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Suharsono, A., Wibiyakto, O., Diklat, B., Yogyakarta, K., Keuangan, K., Pajak, P., & Penting, A. K. (2021). EVALUASI PELATIHAN JARAK JAUH PENYULUH PAJAK MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK DAN IMPORTANCE. 6(1).

Waruwu, M. (2020). STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 288–295.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).