PERSEPSI SISWA TERHADAP KONSEP DEMOKRASI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Arifin Arifin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia, proses tersebut di mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pada perguruan tinggi. Pendidikan merupakan kebutuhan bagi manusia, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang, secara sederhana pendidikan dapat diartikan sebagai usaha sadar untuk mempengaruhi peserta didik agar dapat mengembangkan potensi dalam dirinya sehingga menjadi manusia yang seutuhnya yaitu manusia yang bermoral, bertanggung jawab dan bersosialisasi. Pembelajaran pendidikan kewarganegaraann merupakan salah satu pelajaran penting yang harus di terapkan sejak dini terhadap semua lembaga pendidikan yang ada di Indonesia, selain itu pendidikan kewarganegaraan juga sering di pandang sebagai mata pelajaran pendidikan moral, karena berupaya untuk  membimbing dan mengarahkan kerpibadian para peserta didik untuk lebih menghargai nilai-nilai demokrasi yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945. Penelitian ini berusaha untuk menggali persepsi siswa terhadap konsep demokrasi dalam pendidikan kewarganegaraan, adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Maka hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, implementasi nilai-nilai demokrasi yang di jalankan  di lingkungan sekolah  SMA Kabupaten Sumedang sejatinya telah dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama antara siswa dan para guru, proses tersebut di wujudkan dalam beberapa tindakan seperti saling toleransi, kerjasama, kebebasan berpendapat, dan menghargai perbedaan. Kemudian pihak sekolah juga berupaya untuk mengarahkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan agar dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai demokrasi di kalangan para siswa, metode pembelajaran tersebut rupanya dinilai sangat cocok untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk mengeluarkan ide, gagasan, atau pendapat mereka dengan penuh rasa tanggungjawab


Keywords


Persepsi; Konsep Demokrasi; Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Angraini, R. (2017). Karakteristik media yang tepat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai. Journal of Moral and Civic education, 1(1), 14-24.

Aulawi, A., & Srinawati, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMK Darus Syifa Kota Cilegon. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(1), 38-50.

Avianto, S. (2013). Penanaman Nilai Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Skripsi S, 1.

Djaafar, L., Lukum, R., Adjie, Z., Damopolii, R., Wantu, S., & Alim, S. R. (2021). Membangun Nilai-nilai Demokrasi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurnal Abdidas, 2(6), 1311-1315.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84-92.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3.

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134-144.

Ngombar, L., Wadu, L. B., & Ladamay, I. (2019, December). Partisipasi Warga Negara Dalam Nilai Demokrasi Untuk Meningkatkan Ketrampilan Warga Negara Melalui Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 197-204).

Purwaningsih, P. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Di SMP Islam Nurul Hidayah Reni Jaya–Depok). Proceedings universitas pamulang, 1(1).

Rini, N. D. A. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3).

Sartika, M., Suntoro, I., & Yanzi, H. (2018). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Menginternalisasi Nilai-nilai Demokrasi. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(10).

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taniredja, T., & Abduh, M. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Demokratis Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. PKn Progresif, 11(2), 159539.

Usman, A., & Syukri, M (2020). Pemanfaatan Media Software Interaktif untuk Penguasaan Konsep Nilai-Nilai Demokrasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11).

Vichaully, Y., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Demokrasi di Kelas Sekolah Dasar Sebagai Bentuk Bagian Dari Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 1(11).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.12582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).