IMPLEMENTASI MODEL TIPOLOGI INTERAKSI UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS ONLINE

Cecep Wahyu Hoerudin(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi model tipologi interaksi untuk meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis online. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang berasal dari wawancara dengan lima responden pengajar bahasa Indonesia, dan berbagai penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pengajar yang menjadi responden penelitian telah menerapkan tiga aspek utama dalam model tipologi interaksi, yaitu interaksi antar siswa, interaksi siswa dengan guru dan interaksi antara siswa dengan materi pembelajaran. Diantara tiga aspek yang diimplemetasikan, aspek yang paling berperan adalah interaksi antara siswa dengan guru beserta interaksi antar siswa. Dalam pembelajaran online, interaksi sangat dibutuhakan untuk tetap menjaga motivasi siswa dalam pembelajaran namun dalam praktiknya masih terdapat berbagai masalah


Keywords


Pembelajaran Online; Pandemi Covid-19; Interaksi; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alqurashi, E. (2019). Predicting Student Satisfaction and Perceived Learning within Online Learning Environments. Distance Education, 40(1), 133-148.

Amin, R. F. (2020). Computer Mediated Communication (CMC) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 341-360.

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Chen, N. S., Cheng, I., & Chew, S. W. (2016). Evolution is not Enough: Revolutionizing Current Learning Environments to Smart Learning Environments. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 26(2), 561-581.

Cicillini, S., & Salusso, D. (2019, May). Content Interaction in Online University Courses: The Start@ Unito Project. In HEAD'19. 5th International Conference on Higher Education Advances (pp. 1197-1205). Editorial Universitat Politècnica de València.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.

Hidayat, D. A. S. R. U. N., Anisti, P., & Wibawa, D. (2020). Crisis Management and Communication Experience in Education during the Covid–19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(3), 67-82.

Ilmar, D. A., & Sh, M. H. (2020). Memahami Kebijakan Pemerintah: Dalam Menangani COVID-19. Phinatama Media.

Kalelio?lu, F. (2017). Using Facebook as a Learning Management System: Experiences of Pre-Service Teachers. Informatics in Education-An International Journal, 16(1), 83-101.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.

Kyei-Blankson, L., Ntuli, E., & Donnelly, H. (2019). Establishing the Importance of Interaction and Presence to Student Learning in Online Environments. Journal of Interactive Learning Research, 30(4), 539-560.

Mandasari, L., Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas Perkuliahan Daring pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Selama Pandemi Covid 19. Jurnal As-Salam, 4(2), 269-283.

Mhlanga, D., & Moloi, T. (2020). Covid-19 and the Digital Transformation of Education: What Are We Learning on 4IR in South Africa?. Education sciences, 10(7), 180.

Mulyono, A. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di Kabupaten Bandung. Jurnal EducationAnd Development, 9(3), 573-579.

Namaziandost, E., & Nasri, M. (2019). A Meticulous Look at Long’s (1981) interaction Hypothesis: Does it Have Any Effect on Speaking Skill. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 6(2), 218-230.

Novialiswati, T., & Hamdani, A. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(1), 163-185.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.

Oyarzun, B., Stefaniak, J., Bol, L., & Morrison, G. R. (2018). Effects of Learner-To-Learner Interactions on Social Presence, Achievement and Satisfaction. Journal of Computing in Higher Education, 30(1), 154-175.

Panyajamorn, T., Suanmali, S., Kohda, Y., Chongphaisal, P., & Supnithi, T. (2018). Effectiveness of E-Learning Design in Thai Public Schools. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 15(1), 1-34.

Pham, N. T. (2018). Learner-Content Interaction in an Online English Learning Course at a Vietnamese university. VNU Journal of Foreign Studies, 34(5).

Qowaid, Q., Junaedi, D., Romli, M., & Primarni, A. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika terhadap Implementasi Perkuliahan E-Learning Selama Pandemi Covid-19. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(1), 114-141.

Quadir, B., Yang, J. C., & Chen, N. S. (2022). The Effects of Interaction Types on Learning Outcomes in a Blog-Based Interactive Learning Environment. Interactive Learning Environments, 30(2), 293-306.

Stockleben, B., Thayne, M., Jäminki, S., Haukijärvi, I., Mavengere, N. B., Demirbilek, M., & Ruohonen, M. (2017). Towards a Framework for Creative Online Collaboration: A Research on Challenges and Context. Education and Information Technologies, 22(2), 575-597.

Sulistya, R., & Seni, P. P. P. P. T. K. (2019). Heutagogi sebagai Pendekatan Pelatihan bagi Guru di Era Revolusi Industri 4. 0 Heutagogy as a Training Approach for Teachers in the Era of Industrial Revolution 4. 0. Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 127-138.

Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online dalam Perkuliahan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1338-1349.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113.

Xiao, J. (2017). Learner-Content Interaction in Distance Education: The Weakest Link in Interaction Research. Distance Education, 38(1), 123-135.

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Zheng, B., Lin, C. H., & Kwon, J. B. (2020). The Impact of Learner-, Instructor-, and Course-Level Factors on Online Learning. Computers & Education, 150, 103851.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).