IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH ISLAM TERPADU (IT)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pondasi awal dalam mendidik dan menciptakan generasi bangsa yang berprilaku berasaskan Pancasila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengetahun, pemahaman pendidik terkait pendidikan karakter pada pembelajaran biologi, strategi implementasi, kesulitan dan solusinya dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi, serta nilai karakter yang berkembang pada diri peserta didik di sekolah SMP Islam Terpadu Al-Hijrah 2, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik simple random sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan uji keabsahan menggunakan metode triangulasi berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian, guru biologi telah menerapkan pendidikan karakter dan berjalan dengan baik, dikarenakan guru mengetahui dan memahami pendidikan karakter pada pembelajaran biologi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Strategi yang digunakan yaitu, strategi langsung dengan saling mengingatkan sesama guru dan siswa, menegur dengan baik, memberi nasehat, dan menjadi teladan bagi siswa. Nilai-nilai karakter telah dirancang pada RPP sehingga guru biologi tidak mengalami kesulitan dalam implementasi pendidikan karakter. Penerapan nilai karakter juga dilakukan diluar jam belajar dengan pembiasaan, pengertian, dan keteladalan. Nilai karakter “toleransi”, merupakan nilai dengan kriteria berkembang sangat baik . Nilai karakter “peduli lingkungan” dan “ peduli kesehatan”, dengan kriteria berkembang
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Chastanti, I. (2017). Konsep Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Kabupaten Labuhanbatu Utara. SIMBIOSA, 6(2), 95–103.
Hutagaol, D. T. T. (2020). Konstruksi Sosialpendidikan Karakter Siswa Bermasalah Dalam Keluarga Dan Sekolah Di Sma Negeri 1 Kutalimbaru Deli Serdang.
Kemdikbud. (2021). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/7bdf2592741007e
Kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran,
Kemendikbud. (2019, December). Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa.
Kulsum, Q. D., Rouf, S. A., & Irwansyah, F. S. (2019). Edukasi Zat Aditif Melalui Demonstrasi Kimia Di Sdn Buangngariung Wado. Al-Khidmat, 2(2), 26–35. https://doi.org/10.15575/jak.v2i2.5868
Mulyasa, (2020). (n.d.). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara
Najib, S. (2011). Pengembangan Karakter Dan Budaya Bangsa. Surabaya: Jaring Pena.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Puspita Sari, N. P. N., & Sudiana, I. K. (2019). Penilaian Sikap Sebagai Dampak Pengiring Pembelajaran Praktikum Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 68. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21143
Samrin, S. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 120–143.
Sani, R. A. (2011). Pendidikan Karakter di Pesantren. Citapustaka Media Perintis.
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Sofnidar, S., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761
Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Unhi Press.
Taib, E. N., & Masri, M. (2020). Pengintegrasian Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Menengah Atas Di Takengon Dan Lhokseumawe.JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(2), 225–237.
Triatmanto. (2010). Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 29(Special edition), 187–203.
Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. FONDATIA, 4(1), 158–179.
Yahya, S. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 405–422. https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1469
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X–ITS, Surabaya, 4.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).