KECERDASAN BERAGAMA BERBASIS PENDIDIKAN SURAU DALAM PEMBELAJARAN DI MINANGKABAU

Novidya Yulanda(1*), Suwarma Al Muchtar(2), Elly Malihah(3), Sapriya Sapriya(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran pada dasarnya tidak hanya mengembangkan aspek kognitif, tetapi  ranah afektif juga penting dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini  memiliki tujuan untuk memahami proses pembelajaran dengan menerapkan nilai kecerdasan beragama berbasis pendidikan surau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan beragama berbasis surau dalam proses pembelajaran akan membetuk karakter peserta didik.  Jadi dapat dikatakan bahwa nilai –nilai dari kecerdasan beragama berbasis surau terintegrasi dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai kecerdasan beragama berbasis surau yang diterapkan dalam pembelajaran dilakukan melalui empat tahapan yaitu: pengenalan, penghayatan, pendalaman, dan pembiasaan. Selain itu dalam hasil penelitian ini ditemukan bahwa adanya korelasi ketika peserta didik memiliki kecerdasan beragama (Spiritual quotien) dalam kategori baik, maka kecerdasan intelektual (intelligence Quotient/IQ) dan kecerdasan emosional (emotional quotient/EQ) nya juga baik


Keywords


Kecerdasan beragama, Pendidikan Surau, Pendidikan karakter

References


Abidin, Mas’oed. (2016). Tiga Sepilin Surau Kito. Yogyakarta: Gre Publishing.

Elfinddri, dkk. (2010). Minang Enterpreneurship : Filosofi dan Rahasia Sukses Etnis Minang Membangun Karakter Kewirausahaan. (Cet. 1). Jakarta: Baduose Media.

Hamalik, Oemar. (2012). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan, sebuah orientasi baru. Jakarta: Referensi.

Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Muspardi. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Surau Sebagai Daya Tangkal Radikalisme Di Sumatera Barat. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn Volume 07 No. 1

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Tebba, Sudirman. (2004). Kecerdasan Sufistik. Jakarta: Kencana.

Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Zein, Mas`ud. (2011). Sistem Pendidikan Surau : Karakteristik, Isi, dan Literatur Keagamaan. Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 01

Zohar, Danah dkk. (2001). SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).