PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN DI JAKARTA SELATAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMAN di Jakarta Selatan. Metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Jumlah populasi terjangkau 645 siswa, jumlah sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik sampling gabungan dari cluster, proportional, dan acak. Data primer kecerdasan emosional dan motivasi didapatkan dari kuesioner sebanyak 60 butir pernyataan menggunakan skala likert dan telah dinyatakan valid dan reliabel, sedangkan data sekunder prestasi belajar ekonomi diperoleh dari nilai ujian akhir semester ganjil. Data diolah menggunakan program SPSS untuk menganalisis regresi sederhana dan regresi ganda menggunakan uji T dan F. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional dan motivasi secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi. Dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi. Dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi. Dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Daud, Firdaus. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2, Oktober 2012, Hal 243-255.
Goleman, Daniel. (2009). Kecerdasan Emosional: mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hamdu, Ghullam, dan Agustina Lisa. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, April 2011.
Hidayat, Syarif. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan.Tangerang: Pustaka Mandiri.
Nursiah, dan Tarigan, Burhanuddin. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah MBP. Volume 1, No. 1, February 2013, hal 88-96.
Sardiman, A. M. (2011). Interaction and Motivation in Study-Teaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Thaib, Eva Nauli. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah SISAKTIKA,Vol XIII No. 2 halaman 384-399.
Uno, Hamzah, B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarni, Sudati. (2014). Pengaruh Perhatian Guru, Motivasi Belajar, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal BIOEDUKATIKA, Vol 2 No. 1, Mei 2014 halaman 42-45
Yantiek, Ermi. (2014). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spritual dan Perilaku Prososial Remaja. Jurnal Persona (Psikologi Indonesia), Volume 3, No. 01 (2014), Hal 22-31.
Yuliantini, Tine. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosi (EQ) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akparnas-Unas Jakarta. Jurnal MIX , Volume III No. 1, Februari 2013 halaman 58 – 71.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).