PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA

Vella Anggresta(1*), Siska Maya(2), Desy Septariani(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan wirausaha merupakan salah satu faktor penentu bagi perekonomian nasional, terutama di tengah masih terbatasnya lapangan pekerjaan. Perguruan Tinggi telah mendukung lahirnya pengusaha muda melalui pengajaran mata kuliah kewirausahaan. Namun, jumlah lulusan PT yang berwirausaha masih sangat minim yang dibuktikan dengan masih tingginya angka pengangguran terbuka. Mahasiswa dinilai juga belum dapat memaksimalkan kemampuan literasi digital untuk mendukung kesiapan berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan mata kuliah kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha. Penelitian ini melibatkan 147 mahasiswa Pendidikan ekonomi. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar melalui google form dan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hal penelitian menunjukan bahwa; terdapat pengaruh signifikan literasi digital terdapat kesiapan berwirausaha, terdapat pengaruh Mata kuliah kewirausahan terhadap kesiapan berwirausahaa, terdapat pengaruh literasi digital dan mata kuliah kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan optimalisasi mata kuliah kewirausahan dan literasi digital di perguruan tinggi, sehingga dapat berkontribusi menghasilkan wirausaha yang handal dan dapat bersaing dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, dan menurunkan angka pengangguran


Keywords


Literasi Digital; Mata kuliah kewirausahan; Kesiapan Berwirausaha

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Almi, S. N., & Rahmi, E. (2020). Pengaruh Digital Literacy Terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era-digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 3(2), 242. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8829

Bps.go.id. (2021). Berita Resmi Statistik. Berita Resmi Statistik, 19(27), 1–16.

Hermina, U. N., Novieyana, S., & Zain, D. (2011). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Eksos, 7(2), 130–141.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra Yang Dilakukan Oleh Japelidi. Informasi, 47(2), 149. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16079

Muawwanah, R., Khairawai, S., & Sasono, H. (2020). Kesiapan Berwirausaha Aktivis Organisasi Mahasiswa : Sebuah Pendekatan Asosiatif. 1(1), 1–11.

Mutiarasari, A. (2018). Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, 1(2), 1–114. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/download/83/90

Padilah, R. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesiapan Belajar Siswa di MAS LAB IKIP Al-Washaliyah Medan. Skripsi.

Prasetyo, P. E. (2020). Sikap, Aspirasi dan Kemampuan Wirausaha: Dimensi Utama Kinerja Kewirausahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 109–118. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i2.4174

Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Mata kuliah kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998

Sari, N. E., & Habsari, N. T. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Dalam Menumbuhkan Sikap Mental Kewirausahaan Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10287

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. Prosiding 4th Seminar Nasional Dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 149–160.

Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134

Sulistyowati, F., & Agustina, F. K. (2021). Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Online Pada Ibu-Ibu Kkpa (Komite Kesejahteraan Dan Perlindungan Anak) Dusun Jodog Desa Gilangharjo Pandak Kabupaten Bantul. SHARE: ‘SHaring - Action - REflection’, 7(2), 67–72. https://doi.org/10.9744/share.7.2.67-72

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).