PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS PANCA SAKTI BEKASI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perguruan tinggi adalah jenjang akhir tempat menempuh pendidikan formal. Dosen harus mampu meningkatkan maupun mengembangkan kemampuan mahasiswa agar dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan dunia kerja maupun dunia usaha masa kini. Tidak hanya itu, kordinasi antara dosen dan mahasiswa juga dituntut untuk kemudahan komunikasi agar proses perkuliahan menjadi mudah dan lancar. Hal umum yang perlu dilakukan oleh dosen kepada mahasiswa di awal perkuliahan adalah memberikan motivasi belajar. Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi, peneliti melakukan studi pendahuluan dengan cara menyebar angket mengenai motivasi belajar. Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa motivasi belajar mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi adalah rendah. Rendahnya motivasi belajar mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi dikarenakan banyak faktor. Salah satunya adalah kurangnya faktor minat belajar. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Panca Sakti Bekasi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling non-probability yaitu incidental sampling, dengan jumlah sampel 100 mahasiswa. Analisis data menggunakan regresi linear. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraini, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 9 Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 262 Jakarta Timur. Research and Development Journal of Education, 1(1), 12-22.
As’ad & Fatimah. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Peranan Agama, Sosial Dan Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Bina Spora Mandiri Cigombong Bogor. Research and Development, 6(1).
Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X di MA Al Hidayah Depok. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12-25.
Kencanawaty, G. (2016). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika Siswa. Research and Development Journal of Education, 2(2).
Muslim, I. F. (2019). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei pada siswa kelas VIII MTs Swasta di Jakarta Timur). Research and Development Journal of Education, 5(2), 76-90.
Nurrokhim, M. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Melalui Quantum Teaching. Research and Development Journal of Education, 5(1), 73-83.
Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar peserta didik paket c. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 173-184.
Rimelvi, R., & Susanti, D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ecogen, 3(4), 488-497.
Rista, N. (2021). Pengaruh Media E-Learning dan Motivasi Belajar terhadap IPK Akademik Mahasiswa STKIP Panca Sakti. Research and Development Journal of Education, 7(1), 126-135.
Sari, N. M., Putrie, C. A. R., & Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Kartu Jakarta Pintar (KJP) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Di SMK Dharma Putra 1 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 1(1), 01-11.
Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).