ANALISIS LITERASI DIGITAL MAHASISWA

Deci Ririen(1), Febblina Daryanes(2*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri Rengat
(2) Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi di abad 21 membuat banyak perubahan dan tantangan di kalangan masyarakat tidak terkecuali mahasiswa yang merupakan salah satu agen perubahan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan literasi digital mahasiswa yang ditinjau dari segi lama studi, jenis kelamin dan status pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menggunakan teknologi berada dalam kategori baik dengan capaian persentase sebesar 81%. kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi secara online, kemampuan berpikir kritis serta etika dalam menggunakan teknologi berada pada kategori cukup dengan capaian persentase berturut-turut sebesar 76,6%, 75,6% dan 70%. Dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa perbandingan kemampuan literasi digital mahasiswa dengan lama studi 2 semester lebih besar yaitu senilai 77,8% dibandingkan dengan mahasiswa yang lama studinya 4 semester yaitu senilai 76,6%. Nilai kemampuan literasi digital pada laki-laki sebesar 78% lebih tinggi dibandingkan nilai literasi digital pada perempuan yaitu sebesar 76,8%. Perbandingan mahasiswa yang sudah bekerja memiliki nilai kemampuan literasi yang lebih rendah dengan persentase capaian 76,8% dibandingkan dengan mahasiswa yang belum bekerja dengan persentase capaian 77,4%..


Keywords


Literasi; Digital; Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., Rahma, N., & Malang, U. N. (2019). KOMPETENSI LITERASI DIGITAL BAGI GURU DAN PELAJAR DI. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98–104.

Catra, R., & Biru, B. (2020). ANALISIS LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI COVID-19. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(2), 61–69.

Chen, J., Lin, C. H., & Chen, G. (2021). A cross-cultural perspective on the relationships among social media use, self-regulated learning and adolescents’ digital reading literacy. Computers and Education, 175(February). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104322

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Dinata, K. B. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Edukasi : Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.

Greene, J. A., Copeland, D. Z., Deekens, V. M., & Yu, S. B. (2018). Beyond knowledge: Examining digital literacy’s role in the acquisition of understanding in science. Computers and Education, 117(1), 141–159. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.10.003

Güne?, E., & Bahçivan, E. (2018). A mixed research-based model for pre-service science teachers’ digital literacy: Responses to “which beliefs” and “how and why they interact” questions. Computers and Education, 118(1), 96–106. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.11.012

Iswadi, I., & Apriyanto, A. (2021). Gender Differences And Psychological Impacts In Higher Education During Covid-19 Pandemic. Research and Development Journal of Education, 7(2), 290–304. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.9014

Kahar, A. P. (2018). Analisis Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Proyek Video Amatir Berbasis Potensi Lokal pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Pedagogi Hayati, 2(1), 1–8.

List, A., Brante, E. W., & Klee, H. L. (2020). A framework of pre-service teachers’ conceptions about digital literacy. Computers and Education, 148(1), 103788. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103788

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Jurnal Cakrawala Pendas ANALISIS LITERASI DIGITAL CALON GURU SD DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123.

Nurrizqi, A. D. (2020). TINGKAT LITERASI DIGITAL MAHASISWA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Pustakaloka : Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 12(1), 72–89.

Polizzi, G. (2020). Digital literacy and the national curriculum for England: Learning from how the experts engage with and evaluate online content. Computers and Education, 152(1), 103859. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103859

Porat, E., Blau, I., & Barak, A. (2018). Measuring digital literacies: Junior high-school students’ perceived competencies versus actual performance. Computers and Education, 126(1), 23–36. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.030

Putri, R. Y., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3007–3017.

Ririen, D., & Hartika, D. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Selama Masa Pandemi Covid-I9. Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 148–155. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1236

Ririen, D., & Heriasman. (2021). Does Self-Management Affect Students’ Digital Literacy? Evidence from a Campus in Riau Province. Jurnal Kependidikan, 7(4), 946–955.

Saikkonen, L., & Kaarakainen, M. T. (2021). Multivariate analysis of teachers’ digital information skills - The importance of available resources. Computers and Education, 168(July 2020), 104206. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104206

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).