E-LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN PEDAGOGI KREATIF GURU PAUD

Helda Jolanda Pentury(1), Anastasia Dewi Anggraeni(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan pedagogi kreatif menjadi tantangan bagi guru dalam penerapannya. Kreativitas guru dalam mengembangkan pedagogi yang beragam dapat memenuhi kriteria merdeka belajar dan mengajar dalam mengolah potensi belajar peserta didik sehingga menghasilkan pembelajar yang kreatif dan inovatif. Namun, cara konvensional dan kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran merupakan masalah yang sering dihadapi para guru PAUD yang tergabung dalam Komunitas Guru Belajar (KGB) Depok sebagai forum belajar guru di wilayah Depok, terutama dalam pembelajaran daring. Agar guru dapat mengembangkan pedagogi kreatif dengan baik, efektif dan menyenangkan, maka diperlukan kemampuan guru memahami keterampilan fungsional e-literasi, yaitu kemampuan menalar bacaan materi pelajaran (reading), menggunakan logika (arithmetic) dan teknologi informasi (ITC) (Supriana, 2020) dalam kegiatan pembelajaran. Jika para guru termotivasi, kreatif dan mampu memanfaatkan keterampilan e-literasi mereka, maka mereka pun dapat mengembangkan kemampuan pedagogi kreatif sebagai metode pembelajaran yang berbeda di kelas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kompetensi pedagogi melalui pilihan dan penerapan e-literasi sebagai media pembelajaran yang kreatif, variatif dan interaktif dengan memanfaatkan aplikasi interaktif online. Selain itu, penerapan e-literasi mampu mengembangan kompetensi pedagogi kreatif guru dalam proses pembelajaran maupun penilaian, baik dalam bentuk proyek atau kinerja, serta mampu memberikan inovasi pembelajaran yang kreatif, inovatif dan efektif

 


Keywords


E-Literasi; Pedagogi Kreatif; Guru; PAUD

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR INDONESIA DEN HAAG. Elementary School, 8(2), 228–236.

Anggraeni, A. D. (2018). Kreativitas Guru PAUD dalam Mengembangkan Literasi Dwibahasa melalui Media Sosial Blog di Kecamatan Limo dan Cinere. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 193. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.1530

Ani, Y. (2021). Pelatihan guru-guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi pedagogi. Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19, March, 719–726.

Apandi, A. (2020). Strategi Peningkatan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Melalui Peningkatan E-Literasi dan Edukasi Kebijakan Publik. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 27–36. https://doi.org/10.30957/cendekia.v14i1.608

Dewita, N. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Eksponen, 11(1).

Marliana, R., Istiadi, Y., & Suhardi, E. (2018). Hubungan Antara Budaya Organisasi Dan Kompetensi Pedagogik Dengan Keinovatifan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 636–645. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.790

Pendidikan, T. P. P. (2019). Panduan Penilaian Kinerja (Performance Assessment). In Kemdikbud.

Pentury, H. J. (2018). Pengembangan Literasi Guru PAUD Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis dan Berhitung Di Kecamatan Limo dan Cinere. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 14–21. https://doi.org/10.32486/jd.v1i1.167

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. . Bandung: Alfabeta.

Supriatna & Maulidah. (2020). Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS. Bandung: Rosda

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Mengembangkan Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10325

Y, L. (2011). Fostering Creativity Through Education. A Conceptual Framework of Creative Pedagogy. Creative Education 2 No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).