Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Pengelasan Pada Siswa SMKS Yabhinka

Helleni Febnesia(1*), Muhammad Nurtanto(2), Ikhsanudin Ikhsanudin(3), Hamid Abdillah(4)

(1) Sultan Ageng Tirtayasa University
(2) Sultan Ageng Tirtayasa University
(3) Sultan Ageng Tirtayasa University
(4) Sultan Ageng Tirtayasa University
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning menggunakan metode Tutor Sebaya pada siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMKS Yabhinka. Pada saat proses penelitian ini menggunakan sample siswa kelas XI Teknik Pengelasan yang terbagi menjadi dua kloter yang menggunakan pembelajaran Hybrid Learning, dan salah satu kelompok ditambahkan dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Desain pembelajaran yang diterapkan yaitu Desain Pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik observasi terstruktur dan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen penilaian Hasil Las dengan menggunakan Lembar hasil Uji Penetrant. Proses Pengambilan Instrumen data dilakukan 1 kali setelah melalui proses pembelajaran 10 Pertemuan. Dalam penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan SMKS Yabhinka sangat cocok dilakukan pada Model Pembelajaran Hybrid Learning. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan hasil las antara kelompok 1 yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Hybrid Learning dan Kelompok 2 dengan menggunakan kolaborasi antara Model Pembelajaran Hybrid Learning dan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Kelompok 1 yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Hybrid Learning tidak ada sample yang mendapatkan kategori diterima. Sedangkan pada sample Kelompok 2 dengan menggunakan kolaborasi antara Model Pembelajaran Hybrid Learning dan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya mendapatkan kategori diterima


Keywords


Hybrid Learning; Tutor Sebaya; Uji Penetrant

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aristika, A., Darhim, Juandi, D., & Kusnandi. (2021). The effectiveness of hybrid learning in improving of teacher-student relationship in terms of learning motivation. Emerging Science Journal, 5(4), 443–456. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288

Chang, Y. J., & Chang, Y. S. (2014). Assessing peer support and usability of blogging in hybrid learning environments. Interactive Learning Environments, 22(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2011.619889

Chu, H. C., Chen, J. M., & Tsai, C. L. (2017). Effects of an online formative peer-tutoring approach on students’ learning behaviors, performance and cognitive load in mathematics. Interactive Learning Environments, 25(2), 203–219. https://doi.org/10.1080/10494820.2016.1276085

Fajriyanto, M. N., Dantes, K. R., & Nugraha, I. N. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teori Pengelasan Shield Metal Arc Welding (Smaw) Di Kelas Xi Tp Las Smk Negeri 3Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 7(1), 22. https://doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18752

Hapke, H., Lee-Post, A., & Dean, T. (2020). 3-in-1 Hybrid Learning Environment. Marketing Education Review, 00(00), 1–8. https://doi.org/10.1080/10528008.2020.1855989

Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 140–148. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Ponorogo, U. M. (2020). Impact Of Student Teams Achievement Division Based On Hybrid Learning And Jigsaw Toward High Order Thinking Skill Vocational High. Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 4 Nomor 3 Mei 2020 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 S. 4, 560–568.

Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 242. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194

Ramdhani, T., Suharta, I. G. P., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sman 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2613–9677. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/24967

Sansone, N., Ligorio, M. B., & Buglass, S. L. (2018). Peer e-tutoring: Effects on students’ participation and interaction style in online courses. Innovations in Education and Teaching International, 55(1), 13–22. https://doi.org/10.1080/14703297.2016.1190296

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (24 ed.). Penerbit Alfabeta.

Technology, A., Suwignyo, J., & Setiawan, T. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PROYEKSI ORTHOGONAL MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DENGAN PROGRAM SOLID. Journal Of Vocational Education and Automotive Technology, 1(3), 50–61.

Ulum, M. K., S, E. E., & Ysh, A. S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Addie Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 98. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24774

Zolfaghari, A., & Kolahan, F. (2017). Reliability and sensitivity of visible liquid penetrant NDT for inspection of welded components. Materialpruefung/Materials Testing, 59(3), 290–294. https://doi.org/10.3139/120.111000.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).