Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok Bermain Di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021
(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan adalah bidang yang penting, dan anak usia dini merupakan usia yang sangat potensial untuk berkembang. Pendidikan anak usia dini adalah salah satu strategi dalam rangka menyiapkan generasi yang unggul dan tangguh. PAUD perlu mengembangkan berbagai keterampilan dan kemampuan anak. Salah satunya adalah motorik anak. Motorik anak terbagi menjadi dua, yaitu perkembangan motorik kasar dan perkembangan motorik halus. Dalam penelitian ini, motorik halus menjadi inti kajian yang dapat dikembangkan melalui finger painting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 di TK Advent tahun pelajaran 2020/2021 melalui kegiatan finger Painting, dengan pendekatan atau metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan yang dilakukan hingga siklus II, menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan finger painting. Grafik menunjukkan dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II perkembangan motorik halus anak memiliki pesentase yang meningkat. Hal ini membuktikan adanya dampak positif dari kegiatan finger painting. Dengan demikian, terbukti bahwa kegiatan finger painting dapat mengembangkan motorik halus anak dalam meremas, menuang, meratakan, melukis, mengaduk dan mencuci tangan , sehingga anak dapat berkembang pada anak usia 4-5 tahun di TK Advent Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi tahun pelajaran 2020/2021
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Andriani, R. F. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di TK Alakbar Rajabasa Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Hadaina, N. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelopok B Taman Kanak-Kanak Nurul Huda Subagan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Haryati, N. D. (2018). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok A Di RA Masitoh Pendem Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Jafar, Y., & Surganingsih, M. (2021). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Pada RA Jamiatul Khaer Kota Makassar). Tematik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 101-107.
Maghfuroh, L., & Putri, K. C. (2017). Pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di tk sartika i sumurgenuk kecamatan babat lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1).
Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Nusa Makassar. Tematik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 15-20.
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan keterampilan gerak dasar sebagai stimulasi motorik bagi anak taman kanak-kanak melalui aktivitas jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1)
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).