Upaya Pengenalan Warna Dengan Menggunakan Media Permainan Kartu Warna Pada Anak Bimba AIUEO Graha Kalimas 4 Tambun

Reni Junita(1), Chientya Annisa Rahman Putrie(2*)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) (Sinta Id: 0425089301) Universitas Panca Sakti, Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Usia dini merupakan usia awal yang paling penting dan mendasar sepanjang pertumbuhan dan perkembangan kehidupan manusia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Aspek-aspek perkembangan tersebut tidak berkembang secara sendiri-sendiri melainkan saling terintegrasi dan saling berhubungan antara perkembangan satu dengan yang lainnya. Dari beberapa aspek perkembangan tersebut, perkembangan kognitif adalah salah satu aspek penting yang harus dikembangkan untuk kemampuan berpikir anak. Salah satunya adalah kemampuan mengenal warna. Namun,  pada kenyataannya masih banyak ditemui anak usia 4-5 tahun yang masih kurang mampu mengenal warna. Konsep pokok penelitian tindakan kelas terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan atau observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah guru dan Murid Bimba AIUEO Graha Kalimas 4 Tambun Selatan yang berlokasi di Jl. Lapangan Kobra Graha Kalimas 4 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Penentuan subjek kelas dilakukan saat penelitian mulai memasuki lapangan dan selama penelitian berlangsung. Objek dalam penelitian ini adalah masalah yang ingin di teliti yaitu meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui kertas warna di Bimba AIUEO Graha Kalimas 4 Tambun Selatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna pada anak Adanya  peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan secara bertahap yaitu rata-rata perolehan persentase pada pra tindakan yaitu 46,43%, meningkat di Siklus I dengan persentase sebesar 68,75% dan meningkat mencapai 83,68% pada Siklus II hingga mencapai target keberhasilan yang diinginkan oleh peneliti yaitu 89.73%


Keywords


Pengenalan Warna; Media Permainan; BIMBA

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fudyartanta, Ki. (2011). Psikologi Umum. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103-113.

Khasanah, N. F., & Hani’ah, N. (2018). Strategi Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini dalam Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 22-34.

Kriswidyantari, N. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2016). Penerapan Permainan Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga, 1(2), 31.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).