Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Mengembangkan Kemampuan Emosional Dasar Anak Di PAUD Darul Amani Kosambi

Eka Sulistyawati(1*), Joni Tesmanto(2)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak adalah buah hati dan sekaligus menjadi investasi orang tua di masa mendatang. Ketika di pendidikan formal seperti TK atau PAUD, terkadang perilaku anak seringkali berlebihan. Oleh sebab itu, alternatif yang diberikan adalah metode reward dan punishment. Metode ini bertujuan untuk mendisiplinkan dan mendidik anak dengan kasih sayang bukan untuk menakut-nakuti atau mengancam mereka. Pendekatan penelitian yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Penelitian ini akan menggambarkan tentang penggunaan reward dan punishment dalam perkembangan kemampuan dasar emosional anak usia dini. Penelitian ini merupakan suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu kesatuan sistem. Kesatuan ini dapat berupa program, kegiatan, peristiwa atau sekelompok individ yang terikat oleh tempat, waktu atau ikatan tertentu. Sebelum pelaksanaan wawancara peneliti melakukan pendekatan melalui perkenalan dan pembicaraan bebas sampai pada titik masalah tentang metode pemberian reward dan punishment dalam kegiatan pembelajaran di TK tesebut. Penerapan reward di PAUD Darul Amani Kosambi pada kelompok B yang diobservasi dan diteliti peneliti dengan cara menerapkan reward dengan sistem diagram bintang. Dimana bagi anak yang pada setiap harinya melakukan kegiatan, mau diingatkan, berbagi dengan teman, dan melakukan suatu kegiatan kebiasaan maka anak tersebut akan mendapatkan reward berupa sebuah bintang atau dengan memberi pujian, acungan jempol, sesekali mereka juga diberi hadiah berupa baris di depan nomer pertama, duduk dibangku depan, dan lain-lain. Sedangkan punishment adalah hukuman bagi mereka agar mereka jera dan tidak melakukan kesalahan yang sama


Keywords


Metode Reward; Punishment; Paud

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kusyairy, U., & Culo, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward And Punishment. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 81-88.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2018, December). Permainan congklak dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 1, No. 1).

Vhalery, R. (2021). Self-Reward dan Self-Punishment Untuk Pengelolaan Uang Saku Dan Penggunaan Aplikasi Fintech. Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 1, 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).