Hubungan Interaksi Sosial Dengan Pekembangan Anak Di PAUD Nusa Mandiri Satu Kabupaten Sukabumi (Studi Antara Anak Autis Dengan Anak Pasif)

Siti Juariyah(1*), Supardi Supardi(2)

(1) (Sinta Id: 0425089301) Universitas Panca Sakti, Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa perkembangan anak adalah suatu kondisi dimana mereka akan berubah dari waktu ke waktu. Perubahan ini bisa berbentuk sikap, kepribadian, atau psikologisnya. Agar perkembangan anak tidak terhambat, orang tua dan guru sangat dibutuhkan untuk membimbing mereka. Perkembangan ini juga dapat dibentuk melalui suatu hubungan atau ikatan melalui interaksi sosial. Misalnya ada suatu interaksi sosial yang terjadi antara anak autis dan anak yang pasif di dalam kelas. Interaksi antara anak autis dengan anak pasif juga merupakan bagian dari proses interaksi yang terjadi di dalam lingkungan sekolah. Namun, interaksi ini seringkali terjadinya miscommunication. Masalah yang di hadapi anak autis adalah masalah komunikasi, sosialisasi, kelainan penginderaan, bermain dan perilaku. Sedangkan masalah anak pasif adalah tidak mau bersosialisasi bahkan cenderung menutup diri. Oleh sebab itu, interaksi ini terkadang menjadi penghambat perkembangan anak dan menimbulkan berbagai persepsi. Lalu, keadaan ini menjadi salah satu daya tarik peneliti untuk mengangkat masalah tentang hubungan interaksi dengan perkembangan anak. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif secara deskriptif korelasi. Penelitian di lakukan di PAUD Baitul Muttaqien kalideres Jakarta Barat selama 3 (tiga) bulan, yaitu dimulai bulan Juli 2021 sampai dengan bulan Agustus 2021. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru dan anak sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara deskriptif antara interaksi sosial anak autis dengan anak pasif. Dan adanya hubungan antara interaksi sosial dengan perkembangan anak di PAUD Nusa Mandiri Satu Kabupaten Sukabumi


Keywords


Interaksi Sosial; Perkembangan Siswa; Anak Autis; Anak Pasif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adjeng, J., & Hatta, I. (2019). Pengaruh Terapi ABA terhadap Interaksi Sosial Anak Autis di SLB Autis Prananda Bandung.

Gunadi, R. A. A. (2013). Membentuk karakter melalui pendidikan moral pada anak usia dini di Sekolah Raudhatul Athfal (RA) Habibillah. Jurnal Ilmiah Widya, 1(2), 85-91.

Iskandar, S., & Indaryani, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. JHeS (Journal of Health Studies), 4(2), 12-18.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1-15.

Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2014). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B Tk Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2 Oktober).

Rahmawati, A., Juhaeni, J., Aisah, S., Kinasih, A., & Shibyany, N. (2019). Pengelolaan Kelas Terhadap Siswa Tuna Rungu-Wicara Di Kelompok A1 PGRA Mamba’ul Hisan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 98-103.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).