PEMETAAN KONSEP GAYA DALAM PROSES PEMBUATAN LEPET PADA KONSEP DASAR IPA SD
(1) STKIP Muhammadiyah OKU Timur
(2) STKIP Muhammadiyah OKU Timur
(*) Corresponding Author
Abstract
Pemahaman mengenai gaya merupakan salah satu elemen kunci dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Sayangnya, penyajian materi ini kerap kali bersifat abstrak dan kurang mengaitkan dengan kearifan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan konsep gaya dalam proses pembuatan lepet sebagai upaya pemetaan konsep dasar gaya dalam konteks pembelajaran IPA di SD. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana konsep gaya dapat dijelaskan melalui aktivitas pembuatan lepet sehingga relevan untuk diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran IPA. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi terhadap kegiatan pembuatan lepet di masyarakat Ogan Komering Ulu Timur. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tahapan-tahapan dalam pembuatan lepet mengandung penerapan berbagai jenis gaya, seperti gaya tekan saat mengaduk adonan, gaya tekan dan tarik ketika membungkus, serta gaya panas dan tekanan uap saat merebus. Temuan ini mengindikasikan bahwa praktik budaya lokal seperti pembuatan lepet memiliki potensi besar sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran IPA di SD. Menggabungkan konsep-konsep ilmiah dengan aktivitas budaya sehari-hari dapat membantu siswa memahami sains secara lebih mendalam, relevan, dan kontekstual dalam kehidupan mereka.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
’Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306
Ahmad, A., Dwiprabowo, R., Rahmad, I. N., Batu, C. L., & Qibtia, M. (2025). Analisis Kesulitan Belajar IPA pada materi Konsep Gaya dan Gerak di kelas IV SDN Kayuringin Jaya III, Bekasi. PUSAKA: Journal of Educational Review, 2(2), 51–64. https://doi.org/10.56773/pjer.v2i2.81
Demaris, T., Firdaus, A. R., & Fasha, L. H. (2024). Penggunaan model pembelajaran children learning in science untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep macam- macam gaya dalam pelajaran IPA siswa kelas IV sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 366–373. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19602
Elisa, E., Prabandi, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Inayah H., L. W., & Nuraini, L. (2022). Analisis Konsep-Konsep Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Jajanan Tradisional Dawet Dan Klepon. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(2), 194. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10197
Hardiansyah, I. W. (2021). Penerapan Gaya Gesek Pada Kehidupan Manusia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 70–73. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i1.44531
Irawan, C. (2020). Analisis Pengaruh Perbedaan Waktu Perendaman Beras Ketan Terhadap Kualitas Produk Rengginang Menggunakan Metode Anova Dan Perbandingan Eksponensial (Mpe). Jurnal Teknik, 9(1). https://doi.org/10.31000/jt.v9i1.2181
Karunarathna, S., Wickramasinghe, I., Brennan, C., Truong, T., Navaratne, S., & Chandrapala, J. (2024). Investigating the impact of boiling and pressure cooking on resistant starch levels in food. International Journal of Food Science and Technology, 59(6), 3907–3917. https://doi.org/10.1111/ijfs.17138
Labibatus S, N., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Buku Praktikum IPA Materi Gaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1008–1015. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4899
Malan, I., Ati, S., & Samad, S. (2025). Kajian Etnofisika pada Permainan Tradisional Kole-kole sebagai Media Pembelajaran Fisika. 119–125. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.920
Mahuze, P. N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas IV SD Negeri Cendrawasih Spadem Merauke Tahun 2022-2023. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 8555-8562.
Nurhayati. (2020). Facilities of Educator Career and Educational Scientific Information. Jurnal Kinerja Pendidikan, 2(2), 321–330.
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426
Putu, L., & Yasmini, B. (2013). Model Pembelajaran Fisika Untuk Mengembangkan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 221–235. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2166
Rihasnita, J., Rahman, A., & Sudrajat, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 18 Lalang Kabupaten Batubara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2412–2421. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7407
Saputri, A. N., & Desstya, A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30651/else.v7i2.18280
Sari, C. E. (2020). Identifikasi Sikap Ilmiah Dalam Melakukan Praktikum Fisika Pada Peserta Didik Sman 12 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1), 27. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15281
Silaban, Y. E., Sinaga, C. E., Simamora, R. O., & Puteri, A. (2024). Kajian Dasar Materi Fisika Gaya Dan Hukum Newton. Jurnal Multidisip/lin Inovatif, 8(6), 549–555.
Sriwahyuni, E., Siregar, H. D., & Sofyan, A. Etnofisika dalam Struktur Rumah Adat Baileo Sebagai Sumber Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 13(1), 75-89.
Soepono, S., Hartini, S., Lindyastuti, E., Gurning, E., Wigati, D. M., Maryeti, Silvana, D., Triwanta, B., Widodo, S., Rahayu, Y., Muryani, S., & Tarigan, N. M. (2004). Ensiklopedi Makanan Tradisional Indonesia (Sumatera). Kemdikbud, 344.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.11196
Refbacks
- There are currently no refbacks.