ANALISIS SWOT UNTUK PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) PTKIN 2024
(1) Universitas Islam Negeri Raden Fatah
(2) Universitas Islam Negeri Walisongo
(3) Universitas Islam Negeri Raden Fatah
(*) Corresponding Author
Abstract
Persaingan global di bidang pendidikan tinggi, PTKIN dihadapkan pada berbagai tantangan seperti peningkatan kualitas layanan, adaptasi terhadap perkembangan teknologi, serta perubahan preferensi calon mahasiswa terhadap institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Data primer dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan panitia PMB PTKIN dan calon mahasiswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen resmi, laporan PMB, serta publikasi terkait. Responden pada penelitian ini terdiri dari 6 orang panitia PMB PTKIN dan 20 orang calon mahasiswa PTKIN Tahun 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan strategi alternatif pelaksanaan PMB PTKIN tahun 2024 yaitu memperkuat promosi branding PTKIN berbasis digital, optimalisasi sarana dan prasarana PMB yang dapat terwujud melalui dukung pemerintah, menjalin kerjasama dengan lembaga internasional, pengembangan sistem pendaftaran online adaptif, optimaliasi keragaman program studi dan jalur seleksi, penggunaan branding kekhasan PTKIN untuk diferensiasi, menyiapkan konten promosi berbasis nilai keislaman, membentuk tim manajemen krisis PMB, dan mengembangkan strategi komunikasi kreatif untuk meningkatkan citra global. Dengan demikian, strategi yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi dan perluasan jangkauan promosi merupakan prioritas uatama untuk meningkatkan efektivitas PMB PTKIN.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Annizar, A. M., & Arifin, M. (2021). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 197–204. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.8411
Aulia, F. A., & Arifin, F. (2023). Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital : Studi Harmonisasi Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 3(2), 205.
Azzahra, A. N., & Sutrisno. (2024). Kebijakan Sentralisasi PTKIN: Analisis Kebijakan PTKIN dalam PMA Nomor 68/2015. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(68), 4466–4482.
Basri, Mahyiddin, Andika, & Wahidah. (2023). Pola Pengembangan Budaya Akademik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 90–106.
Bustaman-Ahmad, K. (2018). Memperkenalkan Studi Masa Depan (Future Studies) bagi PTKIN di Indonesia. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 3(2), 147–175.
Effendi, M., & Latifah, N. A. (2021). Penetapan Harga Jasa Pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–143. https://doi.org/10.62775/edukasia.v2i2.43
Elimar, T., Lestari, A. A., Susyanti, S., Fitri, M. R., & Fatmayanti, E. (2024). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 176–185.
Erihadiana, M., Muhyiddin, A., Sukayat, T., Syaripudin, U., & Yoda, F. A. (2021). Pengembangan Model Penerimaan Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Khazanah Pendidikan Islam, 3(2), 82–91.
Evendi, E. (2019). Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jurusan Tadris Matematika PTKIN-UIN Mataram. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 256-271.
Farid, M., Huda, F., Sukmono, R. A., Studi, P., Manajemen, M., & Sidoarjo, U. M. (2024). Peran AI Dalam Inovasi Digital Marketing Untuk Peramalan Penerimaan Mahasiswa Baru.
Fatimah, F. N. D. (2020). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.
Hasanah, S. M. (2017). Strategi Membangun Global Brand Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Menuju World Class University. J-Mpi, 2(2), 128–141. https://doi.org/10.18860/jmpi.v2i2.5476
Iswandy, E. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung–Barung Balantai Timur. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 3(2), 70-79.
Kristanto, T., Hadiansyah, W. M., Nasrullah, M., Amalia, A., Anggraini, E. Y., & Firmansyah, A. (2020). Strategi Pemasaran Digital Dalam Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Analisis SWOT. Multinetics, 6(2), 128–133. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i2.3415
Kurniawan, A., Rosyada, I. A., Salsabila, S., & Hidayati, B. S. (2022). Proses Komunikasi dan Manajemen Humas UIN Mataram dalam Menguatkan Branding Kampus. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 134–146. https://doi.org/10.58518/alamtara.v6i2.1152
Marini, K., & Utoyo, B. (2019). Menimbang Kembali Kebijakan Sistem Zonasi: Studi Penerimaan Peserta Didik Baru di Bandar Lampung. AdministrativA (Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 1(1), 87–100.
Mubarok, A. W., Alfiyatun, Sulistia, D. S., & Nurwahidah, I. (2023). Kebijakan Sentralisasi dan Manajemen Straregik dalam Pendidikan. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 188–195. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.190
Nasution, K., & Rambe, T. (2024). Strategi Promosi Program Studi Langka Peminat pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. 13(2), 463–470. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14252
Octora, H., & Alvin, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Digital Pada Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Untar. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 261–270.
Subardi. (2020). Pengelolaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri berbasis SNI ISO 9001:2008. Jurnal Ilmiah Sustainable, 4(November), 274–282.
Sungkar, P. S., Rahmadiana, R. E., & Nurmalah, R. (2023). Strategi Branding Lembaga AP Edutainment Jurusan Administrasi Publik. Gunung Djati Conference Series, 27, 123–141.
Suriyok, K. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 53–59. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i1.908
Suryadilaga, M. A. (2015). Ragam Studi Hadis di PTKIN Indonesia dan Karakteristiknya: Studi atas Kurikulum IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UIN Sunan Kalijaga, dan IAIN Jember. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 4(2), 215–247. https://doi.org/10.15408/quhas.v4i2.2394
Suryani, S. (2021). Media Sosialisasi Penerimaan Dalam Meningkatkan Recruitment Calon Mahasiswa Baru. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 53–58. https://doi.org/10.36407/berdaya.v3i2.150
Umar, Arisanti, I., Sukarddin, Najamudin, & Suvina. (2024). Sosialisasi Pengenalan Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru di Kabupaten Bima dan Dompu. Jurnal Pengabdian Sosial Humaniora Abdimawa, 1(1), 12–22. https://doi.org/10.36761/abdimawa.v1i1.4031.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.11180
Refbacks
- There are currently no refbacks.