METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK PADA PAUD AL MA'ARIF KALIDERES JAKARTA BARAT

Dini Diani(1*), Supardi Supardi(2)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan nasional merupakan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Fungsi terpenting pendidikan adalah menghasilkan manusia yang terintegrasi, yang mampu menyatu dengan kehidupan sebagai satu kesatuan. Ada banyak jenis pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah pendidikan formal seperti PAUD. Salah satu program pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam kurikulum PAUD adalah perkembangan emosional anak. Nyatanya, perkembangan emosional anak masih tidak merata. Hal ini dapat diminimalisir dengan strategi tersendiri, di antaranya dengan menggunakan metode reward dan punishment. Pendekatan penelitian yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa, guru, dan kepsek PAUD. Hasil penelitian menjelaskan bahwa reward dan punishment diterima berbeda-beda oleh anak tergantung cara pemberian reward dan punishment itu diberikan kepada anak. Peneliti berharap semoga dalam penelitian ini berdampak baik dan menjadi acuan belajar yang baik bagi siswa, guru dalam mengkondisikan anak di kelas dan bukan untuk menakut-nakuti anak supaya melakukan sesuatu yang guru inginkan, tetapi kesadaran dari siswanya


Keywords


Metode; Reward; Punishment; Kemampuan Emosional

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.

Cholidah, N. D. (2019). Profil kemandirian anak usia 2 tahun (studi kasus di Miracle Kids Daycare Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23-25.

Rithaudin, A., & Prasojo, B. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Remaja Melalui Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Di Sekolah.

Sulistyawati, E., & Tesmanto, J. (2021). Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Mengembangkan Kemampuan Emosional Dasar Anak Di PAUD Darul Amani Kosambi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 511-517.

Vhalery, R. (2021). Self-Reward dan Self-Punishment Untuk Pengelolaan Uang Saku Dan Penggunaan Aplikasi Fintech. Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 1, 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).