Kontribusi Gender Dan Kreativitas Terhadap Efektivitas Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19 (Ex Post Facto Pada Guru Di Indonesia).

Iswadi Iswadi(1*), Elin Karlina(2)

(1) Politeknik Tunas Pemuda
(2) (Sinta Id: 6652333) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui 1). Pengaruh gender terhadap efektivitas mengajar guru pada masa pandemi di Indonesia, 2) Pengaruh  kreativitas terhadap efektivitas mengajar guru pada masa pandemi di Indonesia, 3) Pengaruh  interaksi antara genderdan kreativitas terhadap efektivitas mengajar guru pada masa pandemi di Indonesia. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan  ex post facto. Populasi adalah guru yang ada di Negara Indonesia yang berjumlah 112. Jumlah sampel adalah 88 guru yang dihitung dengan Rumus Slovin dengan nilai presisi 95% atau sig. = 0,05. Teknik pengambilan sampel dengan acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1). Gender tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas mengajar guru pada masa pandemi di Indonesia, 2) Kreativitas berpengaruh signifikan terhadap efektivitas mengajar guru pada masa pandemi di Indonesia, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara genderdan kreativitas terhadap efektivitas mengajar guru pada masa pandemi di Indonesia. Implikasi penelitian yaitu efektivitas mengajar guru pada masa pandemi tidak bergantung pada genderguru, tetapi bergantung pada kreativitas guru dalam mengajar yaitu kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah siswa belajar melalui online, pemberian motivasi belajar dengan cara yang efektif yaitu dengan menggunakan video yang berisi motivasi-motivasi belajar kepada siswa, penggunaan teknik penilaian yang kreatif untuk mengukur hasil belajar siswa, dan penggunaan metode pembelajaran yang kreatif  agar proses pembelajaran pada masa pandemi berjalan dengan efektif


Keywords


Gender; Kreativitas; Efektivitas Mengajar Guru

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arnawati, A. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 11 Sinjai (Doctoral dissertation, Univesitas Negeri Makassar).

Guilford, J.P. (1959). Fundamental : Statistics in Psychology and Education. London, New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Hastuti, E. R. M. (2006). Pengaruh Kompetensi, Jenis Kelamin, Pola Manajerial Pala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SD Negeri Di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kawehilani, R. S. (2011). Perbedaan kualitas pengajaran antara guru laki–laki dan perempuan dalam pembelajaran penjasorkes di Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang (UNNES)).

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munafisah, M. (2010). Pengaruh Kreativitas dan Kesejahteraan Guru terhadap Kinerja Guru PAI di SMA se Kabupaten Pekalongan (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Mz, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15-31.

Naim, Ngainum. 2011. Menjadi Guru Inspirasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oktavia, Yanti. 2014. Usaha Kepala Sekolah dalam Menigkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah. Volume 2 Nomor 1. Juni. Pp 808- 803.

Pratama, Y. P. (2020). Studi Komparasi Antara Program Pengayaan Materi Ujian Nasional Jam 6 Pagi Di SMP Negeri 1 Comal Dengan Jam 2 Siang Di SMP Negeri 4 Comal Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

SARI, R. K., Diah, Y. M., & Zen, M. K. (2008). Hubungan Perbedaan Gender(Gender), Usia, Dan Status Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 19 Palembang (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Slamet, P. H. (2000). Menuju Pengelolaan Pendidikan Berbasis Sekolah. In Makalah Disampaikan pada Seminar dan Temu Alumni Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta dengan Tema:" Pendidikan yang Berwawasan Pembebasan: Tantangan Masa Depan" pada Tanggal (Vol. 27).

Sudjana Nana. 1990. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.

Sukarti, S. (2013). Isu gender dan sertifikasi guru versus prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 14(1), 38-43.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Triwibowo. (2015). Deskripsi Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga dan SMP Negeri 2 Rembang. Bachelor Thesis. Universitas Muhammadiyah Padang.

Umar, Husein, 1999. Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Utama

Waluyo, Edi 2013. Skripsi. Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman”. Yogyakarta.

Winarno Surakhmad. (1980). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasardasar dan Teknik Metodologi pengajaran. Bandung: Tarsito.

Wirandana, Eri dan Adirestu, F. 2016. Pengaruh Self-Efficacy Guru Dan Kreatifitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Social Science Education Journal, 3 (2), 158-165.

Yemisi, Afolabi Comfort. 2012. The Influence of Gender, Age, Training and Experience on Teachers’ Motivation in Ado and Efon Local Government Areas, Ekiti State, Nigeria. Greener Journal of Educational Research ISSN: 2276-7789 Vol. 3 (3), pp. 138-143, May 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).