PEMANFAATAN APLIKASI RUANG GURU BERBANTUAN ZOOM CLOUD MEETING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Samuel Patra Ritiauw(1*), Elsinora Mahananingtyas(2), Lisye Salamor(3), Ni Ketut Sayang(4)

(1) Universitas Pattimura
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Pattimura
(4) Universitas Pattimura
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditulis untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi ruang guru berbantuan zoom cloud meeting serta dampaknya dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan mixed methods, yang dimulai dengan penelitian kualitatif untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi ruang guru berbantuan zoom cloud meeting dan diakhiri dengan penelitian kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 19 Ambon yang berjumlah 20 siswa, dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest-posstest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan aplikasi ruang guru berbantuan zoom cloud meeting dapat diimplementasikan dengan baik oleh guru melalui langkah-langkah pembelajaran yang dihasilkan, serta dapat menumbuhkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena terdapat empat fitur belajar pada aplikasi ruang guru diantaranya fitur video animasi, fitur quiz, fitur latihan soal/pembahasan dan fitur rangkuman materi. Penelitian ini juga menunjukan bahwa pemanfaatan aplikasi ruang guru berbantuan zoom cloud meeting dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dimana terdapat 11 siswa yang ketuntasan klasikalnya berada peda kriteria tinggi atau mencapai 55% dan 9 siswa ketuntasan klasikalnya berada pada kriteria sedang atau mencapai 45%. Dengan demikian, maka pemanfaatkan aplikasi ruang guru berbantuan zoom cloud meeting dapat meningkatkan suasana belajar dan proses belajar yang menyenangkan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 19 Ambon


Keywords


Aplikasi Ruang Guru; Zoom Cloud Meeting; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andiani, W., & Fitria, H. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sd Negeri 103. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 172–181.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Creswell, J. W. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.

Damayani, A., & Harsono, S. U. (2021). Penggunaan Aplikasi Ruangguru Sebagai Media Pembelajaran Online Bagi Siswa Unggul SMAN 1 Baturetno. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90644

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.

Hidayah, Y., Dewi, D. A., & Trihastuti, M. (2021). The adaptation of scientific reasoning of prospective teachers for primary education in the perspective of civic science. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.36916

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945

Liu, A. N. A. M., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 34. https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.7303

Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 3(2).

Ningsih, Y. E., & Rohman, A. (2018). Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. UNWAHA Jombang, 1(September), 44–50. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/261

Pelikan, E. R., Lüftenegger, M., Holzer, J., Korlat, S., Spiel, C., & Schober, B. (2021). Learning during COVID-19: the role of self-regulated learning, motivation, and procrastination for perceived competence. Zeitschrift Fur Erziehungswissenschaft, 24(2), 393–418. https://doi.org/10.1007/s11618-021-01002-x

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Ritiauw, S. P. (2020). Peran Guru Ips Dalam Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Nilai Budaya Pela Di Kota Ambon. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 83–95. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.13141

Ritiauw, S. P. (2021). Budaya Maluku; Basis Transformasi Pendidikan Yang Berkualitas. FKIP Universitas Pattimura, 1–7.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Shoumi, A. Z. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5809

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pgri Madiun. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun, 8, 81–86.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” Pada Kesiapan Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9329




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.10645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).