Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Pandemi Covid-19 Di SMAN 20 Jakarta

Titin Supriyatin(1*), Dwi Aprillia Setia Asih(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) selama pandemi Covid-19 dari berbagai perspektif guru, orang tua dan murid di SMAN 20 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah  10 guru, 16 orang tua dan 12 siswa di SMAN 20 Jakarta di Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan survei yang dilakukan secara online melalui whatsapp untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dilihat dari perspektif guru, orang tua/wali murid dan siswa ,sehingga pada akhirnya diperoleh persentase skor jawaban dari beberapa indikator baik kelebihan dan kelemahan pembelajaran daring dari sudut pandang guru, orang tua/wali murid dan siswa. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti mengenai efektivitas pembelajaran daring dilihat dari perspektif guru, orang tua/wali murid dan siswa menunjukkan bahwa pembelajaran  daring memberikan dampak positif dan negatif baik dari guru, orang tua/wali murid maupun siswa. .kelebihan pembelajaran daring adalah Tidak terikat ruang dan waktu, Menumbuhkan kemandirian siswa Memudahkan akses materi tanpa batas selain itu Juga memberikan dampak negatif di antaranya Keterbatasan guru dalam melakukan kontrol saat berlangsungnya pembelajaran daring, Kemampuan guru terbatas dalam menggunakan teknologi ,Peserta didik kurang aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran daring, Latar belakang pekerjaan orang tua (swasta, pemerintah maupun wiraswasta) yang tidak bisa menemani langsung anak mereka dalam pembelajaran daring


Keywords


Effektivitas; Pembelajaran; Daring

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Mustakim. (2020). Jurnal Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. 2 (1):1-12.

Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond no significant difference and future horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309-319.

Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.

Surat Edaran Kendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid 19. Diakses Pada Tanggal 20 Juni 2020 dari http://pusdiklat.kemendikbud_no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-19/

Vhalery, R., Alfilail, S. N., & Robbani, H. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. INTELEKTIUM, 2(1), 28-36.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE “ZOOM” PADA KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215-225.

Wahono, S. (2011). "Pengantar E-Learning dan Pengembangannya,". (Online:http://www.ilmukomputer.com).

Wicaksana, J. E., Atmadja, P., Lestari, W., Tanti, L. A., & Odrina, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemi. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117-124. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937

Wicaksono. (2011). Efektifitas metode pembelajaran. Jakarta: Wordpress.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).