Analisis Peran Guru Ips Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMPI As-Shofiani Ahmadi

Ainun Habibah(1*), Eka Putri(2)

(1) Universitas panca sakti
(2) Universitas Panca Sakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Nilai-nilai pancasila tampaknya tidak tercermin pada anak muda, terbuyarkan oleh perubahan zaman yang semakin berkembang saat ini. Meskipun demikian, dalam persepsi yang mendasarinya, ditemukan juga masalah-masalah yang berkaitan dengan perilaku siswa, lebih spesifiknya masih ada beberapa siswa yang membutuhkan kebiasaan, yang perlu diperhatikan dan sopan kepada ahli, seperti tidak adanya kabar baik dan salam hangat dari ahli. Melalui tugas ahli mata pelajaran IPS dengan membingkai karakter sosial pada siswa, diyakini bahwa mereka akan benar-benar ingin mengubah perilaku siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran guru IPS, sikap sosial siswa, pengaruh peran guru dalam menumbuhkan sikap sosial siswa, dan faktor yang mempengaruhi rendahnya sikap sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dan di deskripsikan secara kuantitatif. populasi sebesar 85 siswa didapati sample 85 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdap pengaruh yang signifikan antara peran guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial siswa


Keywords


Peran guru; IPS; Sikap sosial

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azwar, S. (1995). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jumanta, H. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mujtahidin. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdayakarya.

Nasution, M. T. (2010). Penuntun Membuat Tesis dan Skripsi disertai Makalah. Bekasi: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2014). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Wardani, K. (2010, November). Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI (pp. 8-10).

Yusuf, S. & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zubaedi, Z. (2013). Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktek. Jakarta: Pustaka Kencana.

Zuchdi, D. (2008). Menentukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Pustaka Nasional RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).