Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Manba’ul Ulum Bekasi
(1) Universitas Panca Sakti
(2) Universitas Panca Sakti
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan (Y) di SMK Manba’ul Ulum Bekasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara online menggunakan google form dan menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SMK Manba’ul Ulum Bekasi sejumlah 59 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 59 siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui perhitungan dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 25. Skor penilaian menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya “Pengaruh Pembelajaran Daring berpengaruh positif terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Manba’ul Ulum Bekasi”. Persamaan Regresi Linear Diperoleh persamaan linear sederhana Y = 68,231 + 0,283 X. Dari hasil analisis diperoleh thit = 3,927 dan p-value = 0,000/2 = 0 < 0,05 atau Ho di tolak. Dengan demikian “Pembelajaran Daring berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Manba’ul Ulum Bekasi”. Hal ini dapat dilihat pada table coefficient dari thit dan p-value lebih kecil dari 0,05. Koefisien Determinasinya sebesar terdapat pada tabel di atas yaitu nilai RSquare = 0,213 = 21,3% ini berarti variasi variabel hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afridayanti, C. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Model Reading Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Etd unsyiah.
Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Url: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2021.
Januardi, J., & Zubaimari, R. A. (2018). Pengaruh Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMA Muhammadiyah 02 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(2), 1-10.
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13 (7), 3553–3564. DOI:10.12973/eurasia.2017.00744a.
Nugraha, E., Hamidah, E., Radela, N. S., Khopipah, P., & Sofiyatin, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Di Kampung Santri Ciceri Jaya. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 19(1), 111-127.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharwoto, Gogot. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Url: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2021.
Sutriyani, W. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa PGSD era pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(1).
Vhalery, R., Alfilail, S. N., & Robbani, H. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. INTELEKTIUM, 2(1), 28-36.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE “ZOOM” PADA KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215-225.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.
Wardhani, I. S. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Cikapundung 02 dan Sekolah Dasar Negeri Palalangon) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).