KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA PGSD MELALUI IMPLEMENTASI TEMPLATE MAKALAH SEBAGAI PEDOMAN PENYUSUNAN

Muhammad Syazali(1*), Muhammad Erfan(2)

(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Mataram
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterampilan mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram dalam menyusun dan menulis makalah masih rendah. Penyebabnya adalah mahasiswa belajar secara otodidak melalui makalah yang kualitasnya masih bersifat probabilistik karena tidak adanya pedoman/petunjuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan menulis mahasiswa melalui implementasi Template Makalah sebagai pedoman penyusunan. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study. Sampel berjumlah 31 mahasiswa yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data keterampilan menulis dikoleksi dari makalah yang telah disusun oleh masing-masing kelompok berdasarkan 3 kriteria. Kriteria-kriteria tersebut adalah identitas, sistematika, dan bagian teks utama. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mengukur proporsi dan rata-rata. Kami menemukan bahwa keterampilan mahasiswa dalam menulis makalah berada pada kategori baik. Dari 17 subkriteria yang menjadi dasar penilaian, hanya 4 subkriteria yang masih belum dikuasai karena berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Tigabelas subkriteria lainnya sudah mencapai kategori cukup, baik, dan sangat baik. Proporsi subkriteria dengan kategori sangat baik predominan (41.18%), dan diikuti oleh proporsi subkriteria dengan kategori baik sebesar 29.41%. Fakta ini menunjukkan bahwa implementasi template makalah efektif dalam memfasilitasi mahasiswa dalam melatih kemampuannya menulis makalah. Jika ada tugas untuk menulis makalah, maka media ini dapat digunakan agar mahasiswa tidak hanya dilatih untuk menemukan sendiri konsep-konsep tertentu, namun juga sekaligus melatih keterampilan menulis mereka


Keywords


Menulis; Makalah; Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ana, A., Minghat, A. D., Purnawarman, P., Saripudin, S., Muktiarni, M., Dwiyanti, V., & Mustakim, S. S. (2020). Students’ perceptions of the twists and turns of E-learning in the midst of the Covid 19 outbreak. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 15–26. https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/242

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Cahyani, I. (2010). Peningkatan kemampuan menulis makalah melalui model pembelajaran berbasis penelitian pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192.

Erfan, M., Maulyda, M. A., Syazali, M., & Sutisna, D. (2021). How the content of learning videos should be made? (a study on prospective primary school teacher students during Covid- 19 pandemic). Jurnal Kiprah, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i1.3197

Hussain, I., Cakir, O., & Candeger, Ü. (2018). Social media as a learning technology for university students. International Journal of Instruction, 11(2), 281–296. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11219a

Kutsiyyah. (2021). Analisis fenomena pembelajaran daring pada masa pandemi (harapan menuju blended learning). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1460–1469. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.580 Copyright

Musaffak. (2013). Peningkatan kemampuan menulis makalah mahasiswa pengambil matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM Semester II 2012 dengan strategi peta pikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 354–366.

Muslimov, N. ., & Umarova, Z. . (2021). The role of media resources in the process of self-education. International Journal Papier Public Review, 2(1), 49–53. https://doi.org/10.47667/ijppr.v2i1.70

Nukuhaly, N. A. (2014). Peningkatan kemampuan menulis makalah mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon dengan strategi pemodelan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 86–92.

Nursaptini, Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil kemandirian belajar mahasiswa dan analisis faktor yang mempengaruhinya: Komunikasi orang tua dan kepercayaan diri. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 85–94.

Persadha, D. A. K. (2016). Studi kompetensi kemampuan menulis di kalangan mahasiswa. MUADDIB, 06(01), 1–20.

Pramudiyanti, P. (2018). Kemampuan mahasiswa Pendidikan Biologi menulis makalah: Sebuah refleksi diri. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(3), 1–8.

Praptanti, I., & Noorliana, N. (2017). Analisis kemampuan menulis argumentasi pada makalah ilmiah mahasiswa Farmasi Universitas Muhamadiyah Purwokerto. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 137. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1856

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.

Rusanti, P., & Dewi, K. M. C. (2021). Jurnal Kependidikan: Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 270–280. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3217

Swasti, I. K. (2020). Implementasi manajemen pembelajaran daring dengan platform WA, CR, M-Z dan kepuasan mahasiswa. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 342–351.

Syazali, M., Rahmatih, A. N., & Nursaptini, N. (2021). Profil keterampilan proses sains mahasiswa melalui implementasi SPADA Unram. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 103–112. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2290

Syazali, M., Widiade, I. K., Nursaptini, N., Sriwartini, N. L. P. N., & Hasnawati, H. (2020). Evaluasi keterampilan menulis makalah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 546–556. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2775

Tim Penyusun. (2017). Panduan penulisan skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Tim Penyusun. (2019). Pedoman Akademik Universitas Mataram. Mataram: Mataram University Press.

Utomo, M. N. Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and strategy for distance learning to respond Covid-19 pandemic in Indonesia. International Information and Enginering Technology Association, 25(3), 383–390. https://doi.org/10.18280/isi.250314 Received:

Widodo, A., Jailani, A. K., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). Analisis kemampuan menulis makalah mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(1), 77–91.

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801

Zain, M. I., Radiusman, R., Syazali, M., Hasnawati, H., & Amrullah, L. W. Z. (2021). Identifikasi kesulitan mahasiswa dalam penyusunan skripsi Prodi PGSD Universitas Mataram. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 73–85. https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.73-85




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.10255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).