PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS VI PAKET A DI SPNF SKB PASAMAN

Esilvita Esilvita(1*), Setiawati Setiawati(2)

(1) 
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan nonformal menyediakan jalur pembelajaran alternatif untuk mendukung pendidikan sepanjang hayat, terutama bagi masyarakat yang tidak dapat mengakses atau menyelesaikan pendidikan formal. Salah satu bentuknya adalah Program Paket A, setara dengan pendidikan dasar, yang memainkan peran strategis dalam mengatasi rendahnya tingkat literasi di Indonesia. Namun, siswa Paket A di SPNF SKB Pasaman sering mengalami prestasi membaca yang rendah karena penggunaan modul berstandar nasional yang kurang relevan dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi modul bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas enam Paket A, dengan fokus pada validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang melibatkan 20 siswa berusia 12–15 tahun sebagai partisipan. Validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa modul tersebut mencapai skor 3,60 untuk konten (sangat valid) dan 3,30 untuk media dan bahasa (valid). Uji praktikalitas dengan guru dan siswa menghasilkan skor rata-rata 41,45, yang dikategorikan sangat praktis. Uji efektivitas menggunakan uji-t sampel berpasangan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan nilai t sebesar 14,81 (lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,093) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian kearifan lokal ke dalam bahan ajar meningkatkan relevansi, motivasi, dan keterlibatan, yang mengarah pada peningkatan pencapaian literasi yang terukur. Dengan demikian, modul yang dikembangkan layak digunakan dalam Program Paket A dan berpotensi untuk diadaptasi ke mata pelajaran dan jenjang pendidikan lain guna meningkatkan kualitas pendidikan nonformal.


Keywords


Kearifan Lokal; Pengembangan; Modul

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adeoye, M. A., Wirawan, K. A. S. I., Pradnyani, M. S. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing education: Unleashing the power of the ADDIE model for effective teaching and learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(1), 202-209.

Anniza, N., Rustan, E., & Salmilah, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamaatan Lamasi Timur. Jurnal Konsepsi, 12(4), 135-144.

Ardi, R., Saputra, E. E., Parisu, C. Z. L., & Permatasari, S. J. (2024). Studi Literature: Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Catha: Journal of Creative and Innovative Research, 1(1), 57-72.

Boud, D. (1985). Problem-based learning in education for the professions. Higher Education Research and Development Society of Australasia.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Jamaah, J., Suastika, I. N., & Sanjaya, D. B. (2025). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Budaya Lokal: Membangun Identitas dan Kearifan Lokal Nggahi Rawi Pahu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(3), 1457-1465.

Lestari, I. D. (2023). The Development of Integrative Thematic Learning Modules Based on Local Wisdom in Elementary Schools. DIDAKTIKA: Journal of Elementary School Education, 6(1), 9-14.

Martatiyana, D. R., Usman, H., & Lestari, H. D. (2023). Application of the ADDIE model in designing digital teaching materials. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 6(1), 105-109.

Muyassaroh, I., Amiroh, A., Maryadi, M., & Masruroh, N. (2024). Integrasi kearifan lokal dalam kurikulum sains di sekolah dasar: Tinjauan literatur sistematis. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3).

Nofriansyah, N., Sutarni, N., Hufad, A., Vhalery, R., Rahayu, S., Meilia, M., Meirani, M., & Amri, A. (2025). Digital Transformation of Economics Education: Development of the Ekonara Application Based on Local Culture. Journal of Engineering Science and Technology Special Issue On, 20(4), 174–181.

Perdana, M. A., Wibowo, D. E., & Budiarto, M. K. (2021). Digitalization of learning media through digital book development using the flipbook application. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 263.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rachma, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video simulasi mengajar keterampilan memberikan reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506-516.

Setiawati, U. (2020). Model pendidikan keluarga dalam pengembangan prososial anak usia dini pada arena bermain fasilitas umum [Disertasi, Universitas Negeri Padang].

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.10150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.