PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana penggunaan Quizizz sebagai alat pembelajaran dan aktivitas yang terlibat dalam proses pembelajaran dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam berpikir kritis materi perubahan energi kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan data, di Kelas yang menggunakan Quizizz untuk belajar memperoleh rata-rata nilai 84,27, yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan Kahoot, yang memperoleh rata-rata nilai 82,31. Siswa yang sangat aktif dalam belajar memperoleh rata-rata nilai 90,0, yang lebih tinggi daripada siswa yang kurang aktif, yang memperoleh rata-rata nilai 78,30. Meskipun hasil ini menunjukkan kecenderungan bahwa media pembelajaran quizizz dan keaktifan belajar dapat mempengaruhi Keterampilan berpikir kritis, menurut analisis statistik, menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz sebagai alat pembelajaran dapat memengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa. Namun, tingkat aktivitas pembelajaran tidak memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran Quizizz tampaknya mempengaruhi keterampilan berpikir kritis, sementara jumlah aktivitas belajar tidak. Namun, terdapat hubungan antara penggunaan Quizizz dan tingkat aktivitas belajar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas empat yang mempelajari perubahan energi di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Albar, S., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Kualitas Hasil Pembelajaran Pelajaran PAI SD Islam Athirah Racing Center Kota Makassar. Istiqra, 11(1), 129–147. https://doi.org/10.24239/ist.v11i1.2140
Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3342
Arif, J. R., Faiz, A., & Septiani, L. (2021). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804
Asmara, S., Sumarni, W., & Hadisaputro, S. (2014). Pengaruhmetode Konsep Bertingkat Berbantuan Question Box Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Stella. Chemistry in Education, 3(1).
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Peserta didik Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17.
Devita, M., Negeri, S., Raya, P., & Tengah, K. (2020). Pengalaman Penggunaan Media Penilaian Formatif Berbasis Online Quizizz Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 4 Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Prosiding Seminar. https://prosiding.iahntp.ac.id
Fau, J. F., Mendrofa, K. J., Wau, M., & Waruwu, Y. (2023). Pendidikan Jendela Dunia. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 69–77.
Haqq, A. A., Amaliyah, N., Wahid, S., & Solahudin, I. (2023). Optimalisasi Desain Didaktis Materi Pemahaman Konsep Perbandingan Nilai Melalui Identifikasi Dan Penanganan Learning Obstacle. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(2), 161–184. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.8335
Hartika, N., & Saputri, I. I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar Akuntansi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 2(2).
Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51.
Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02).
Pitoyo, M. D., & Asib, A. (2019). Gamification based assessment: A test anxiety reduction through game elements in Quizizz platform. International Online Journal of Education and Teaching, 6(3), 456-471.
Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376.
Putri, J. H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 54-60.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi media game edukasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas x ipa 7 sma negeri 15 semarang tahun pelajaran 2019/2020. EDUSAINTEK, 3.
Srimulyani, M. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP/RPLBK Dengan Pendekatan Saintifik/Pendekatan BK Melalui Metode Workshop di Sekolah Binaan Kota Malang Tahun 2017. Prosiding SENASGABUD, 95–106.
Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.10138
Refbacks
- There are currently no refbacks.