Pengaruh PJJ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Walisongo Bekasi

Teti Kusniyati(1), Chientya Annisa Rahman Putrie(2*)

(1) Universitas Panca Sakti
(2) Universitas Panca Sakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan menjadi salah satu hal terpenting untuk kehidupan manusia. Namun, kualitas pendidikan sekarang sedang mengalami dampak dari virus Covid-19. Penyebaran dari covid-19 sangat begitu menghawatikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan social distancing, sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu alternatif pembelajaran. Peneliatian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pembelajaran jarak jauh terhadaap  hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP walisongo Bekasi. Metode penelitian yang di gunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa di SMP Walisongo Bekasi. Data yang di gunakan adalah analisis regresi Y dan X sebesar =  44.684+0.370 X. Hal ini dapat di lihat dari anova sederhana. Uji signifikan koefisisen korelasi (r xy) = 0.196 dan F hit = 0.105 dengan p-value = 0.002< 0,05 atau Ho di tolak. Dengan demikian koefisien korelasi X dan Y adalah signifikan. Sedangkan koefisien determinasi R Square = 0.196, yang berarti 19,6 % variabel hasil belajar siswa dapat di pengaruhi oleh pembelajaran jarak jauh

 


Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, H. M. (1995). Ilmu Perbandingan Pendidikan. Golden Terayon.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Rineka cipta.

Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati, M. (2006). Mudjiono 2006 Belajar dan Pembelajaran. In Jakarta: Rineka Cipta Siklus I Siklus II Siklus (Vol. 3, Issue 0). Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. usaha nasional.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Gasparyan, V. (2016). A Brief History of E-Learning in Post-Soviet Armenia. In Distance Learning (Vol. 13, Issue 2). Information Age Publishing.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum pembelajaran. In Jakarta: Sinar Grafika. Sinar Grafika.

Juliansyah Noor, S. E. (2016). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Prenada Media.

Mulyasa, E. (2008). Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan: kemandirian guru dan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Siti, N. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Vi Mi Negeri Batur Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 Universitas Widya Dharma. http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/335

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Wibowo, H. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan E-Learning. Bina Nusantara.

Yusmanto, B. (2014). Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar membaca Al–Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal tahun pelajaran 2013/2014. UIN Walisongo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).