PUBLIC FIGURE SEBAGAI PENGGERAK: MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM PELATIHAN DEEP LEARNING UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN KESETARAAN

Rahmat Fahmi(1*), Asep Saepudin(2), Sardin Sardin(3), Nofriansyah Nofriansyah(4)

(1) 
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan memainkan peran penting dalam perkembangan individu dan masyarakat, dan kemajuan teknologi seperti Deep Learning (DL) memberikan peluang besar untuk meningkatkan pengalaman belajar. Namun, penerapan DL dalam pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan sering menghadapi tantangan, terutama terkait dengan rendahnya partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh public figure, Sahrul Gunawan, dalam meningkatkan antusiasme dan partisipasi peserta pelatihan berbasis Deep Learning untuk pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi langsung kepada peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran Sahrul Gunawan sebagai public figure dalam pelatihan ini berhasil meningkatkan partisipasi dan antusiasme peserta. Hal ini menunjukkan bahwa model pelatihan berbasis public figure dapat menjadi strategi efektif dalam mendorong tujuan dari pelatihan.Kesimpulannya, keterlibatan public figure dapat menjadi faktor kunci dalam meningkatkan motivasi peserta dan mempercepat penerimaan teknologi baru, menjadikannya model yang potensial untuk diterapkan dalam pelatihan berbasis teknologi di sektor pendidikan.


Keywords


Deep Learning; Manajemen Pelatihan; Pelatihan; Public figure; Sahrul Gunawan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Benson, A. A., & Adinlewa, T. (2022). Influence of celebrities on young people’s aspiration for higher learning and desire for fame. SAU JOURNAL OF MANAGEMENT AND SOCIAL SCIENCES, 2(2), 44-55.

Cialdini, R. B. (2001). Influence: Science and practice (4th ed.). Allyn & Bacon.

Dune, T., Bidewell, J., Firdaus, R., & Kirwan, M. (2016). Communication Idol: Using popular culture to catalyse active learning by engaging students in the development of entertaining teaching and learning resources. Journal of University Teaching and Learning Practice, 13(5), 1-18.

Fahmi, R., & Solfema, S. (2019). Description of the Widyaiswara Credibility in Learning Communication at Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(1), 80-87.

Friedman, R. A., & Currall, S. C. (2003). The influence of public figures on organizational behavior. Journal of Applied Social Psychology, 33(4), 777–797. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2003.tb01910.x

Hazzam, J., & Wilkins, S. (2023). The influences of lecturer charismatic leadership and technology use on student online engagement, learning performance, and satisfaction. Computers and Education, 200(April), 104809. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104809

Jiang, N., Khong, K. W., Gan, J. L., Turner, J. J., Teng, S. S., & Xavier, J. A. (2024). Impact of athlete performance and brand social value on product involvement: a mediation role of celebrity endorsement in social media. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 16(3), 589–612. https://doi.org/10.1108/APJBA-05-2022-0204

LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep Learning. Nature, 521(7553), 436–444. https://doi.org/10.1038/nature14539

Mackenbrock, J., & Kleinert, J. (2023). Motivational effects of digital media on students in physical education: a scoping review. Journal of Physical Education and Sport, 23(8), 2115–2126. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.08243

McKinsey & Company. (2020). The future of work in America: People and places, today and tomorrow. McKinsey & Company.

Nofriansyah, N., Pernantah, P. S., & Riyadi, S. (2022). Gaya belajar peserta didik berprestasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1565-1574.

Nofriansyah, N., Sutarni, N., Mardetini, E., & Riyadi, S. (2023). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kajian Pedagogik. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 11(2), 135–143. https://doi.org/10.36706/jp.v11i2.23

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.

Tian, Y., Yang, P., & Zhang, D. (2023). The relationship between media use and sports participation behavior: A meta-analysis. Digital Health, 9(461). https://doi.org/10.1177/20552076231185476.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.10092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.