Program Dinamik Pada Perencanaan Produksi Dan Pengendalian Persediaan PT Ganesha Abaditama

Anisa Novia Rizky(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Ganesha Abaditama adalah perusahaan yang bergerak di bidang agroindustri yaitu pengolahan rempah-rempah dan bumbu dapur. Penelitian ini berfokus pada produksi Cabai S4 Merah Tangkai dan Petik. Karakteristik sistem produksi yang digunakan oleh perusahaan ini adalah make to order, yaitu perusahaan melakukan proses produksi apabila terdapat permintaan atau pemesanan. Tetapi, tidak jarang perusahaan tetap melakukan stok bahan baku. Tidak jarang pula terdapat bahan baku yang menunggu untuk diproses menumpuk di gudang yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kualitas bahan baku dikarenakan dalam perencanaan produksi dan pengendalian persediaan kurang optimal. Berdasarkan permasalahan diatas, maka perusahaan perlu melakukan perencanaan produksi dan pengendalian persediaan ulang. Program dinamis dapat digunakan agar ketika terdapat masalah di dalam perusahaan tersebut dapat dipecah lagi menjadi masalah-masalah kecil yang seluruhnya mirip. Dengan program dinamis didapat biaya minimal yang harus dikeluarkan dalam perencanaan produksi yaitu Rp6.400.200,- per bulan, total biaya minimum bahan baku cabai yang digunakan perusahaan sebesar Rp 6.395.650,- dan melakukan stok persediaan minimal 142 Bahan Baku Cabai S4 Merah Tangkai dan Petik per bulannya.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Maslihah, S. (2018, Juli). PROGRAM DINAMIK UNTUK PENDISTRIBUSIAN KOMODITI KERUPUK '9 BERLIAN' WATES. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 81-94.

Hermanto, T. (2010, Juli 11). MENYELESAIKAN MASALAH OPTIMASI DALAM PROGRAM LINIER DENGAN LINDO. Retrieved April 9, 2020, from MENYELESAIKAN MASALAH OPTIMASI: http://id.scribd.com

Ristono, A., & Puryani. (2011). Penelitian Operasional Lanjut. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sinulingga, S. (2009). PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ginting, R. (2007). SISTEM PRODUKSI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haming, S.E., M.Si., Ph.D., P., & Nurnajamuddin, S.E., M.M., P. (n.d.). MANAJEMEN PRODUKSI MODERN Operasi Manufaktur dan Jasa Buku 2. (A. Novianty, Ed.) Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v3i1.6477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.