Analisis postur Kerja Dengan Metode Rapid Upper Limb Assesment (RULA) Pada Operator Bar Bending Di PT.XYZ

Nustin Merdiana Dewantari(1*)

(1) Sultan Ageng university
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan pengusahaan, pembangunan pengoperasian, perawatan (operation and maintenance), serta pengembangan dan pengelolaan properti bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yang melibatkan manusia tidak lepas dari kenyamanan dan rasa nyeri pada operator yang bekerja, khususnya pada operator bar bending sehingga harus dikurangi penyebab ketidaknyamanan tersebut. Proses untuk mengurangi hal tersebut dengan menggunakan RULA (Rapid Upper Limb Assesment) yang diketahui untuk menilai postur dan gerakan kerja. Operator Bar Bending di PT.XYZ yang diperiksa adalah tubuh segmen A dan segmen B. Tubuh segmen A meliputi bagian lengan atas dan bawah sedangkan segmen B meliputi leher, punggung dan kaki, untuk mengetahui skor RULA. Hasil penilaian postur kerja pada operator bar bending menunjukan harus ada investigasi lebih lanjut dan perlunya perhatian untuk perbaikan segera. Tubuh bagian kiri menunjukan skor akhir sebesar 5 dan tubuh bagian kanan menunjukan skor 4. Dari hasil tersebut peneliti memberikan saran perbaikan berupa alat bantu berupa kursi pada operator bar bendingdanhasil setelah penggunaan alat bantu nilai skor RULAmenjadi  berkurang.



Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BPS.go.id. 2019.

Tarwaka. Ergonomi Industri, Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press. 2011.

A. I. Sugiharto, D. Trihastuti, & L. P. S. Hartanti, Analisis perbaikan postur dan metode kerja untuk mengurangi kelelahan muskuleskeletal di PT. XYZ Surabaya. Gema aktualita. Vol.2, No.2, 2013.

S. P. Chakravarthy, & S. K. M. Shekar, Ergonomic study of auotomobile assembly line. International Journal of recent technologies in mechanical electrical engineering (IJRMEE). Vol.2. 110-114. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v1i2.4439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.