Analisis Kepuasan Pelanggan pada PT. Fairco Agung Kencana Menggunakan Metode Algoritma C4.5 dan Customer Satisfaction Index

Muhamad Dani Pamungkas(1*), Tiara Tiara(2), Ratih Ikha Permata Sari(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kembali penjualan terhadap produk dan menurunkan komplain pelanggan terhadap kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh PT. Fairco Agung Kencana. Metode yang digunakan adalah Metode CSI (Customer Statisfaction Index) dan Algoritma C4.5. Hasil dari penelitian ini adalah nilai tingkat dari kepuasan pelanggan di PT. Fairco Agung Kencana mendapatkan persentase sebesar 40,46% dimana persentase tersebut berada pada rentang Customer Statisfaction Index yaitu 35 – 50%. Dengan hasil nilai kepuasan pelanggan tersebut, maka kriteria yang didapat “kurang puas” serta penyebab penurunan penjualanan disebabkan karena pelayanan yang kurang baik mengakibatkan konsumen tidak puas terhadap pelayanan dan loyalitas yang telah diberikan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


M. K. Mollah, R. Prabowo, T. Sipil, F. Teknik, J. Arief, and R. Hakim, “Analisa Kepuasan Pelanggan dan Pengembangan Desain Proses Pelayanan pada Swalayan Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya Teknik Industri , Fakultas Teknologi Industri,” Semin. Nas. Teknol. Ind. Berkelanjutan I, pp. 337–348, 2021.

C. W. Sudaryanto and S. R. T. Astuti, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (ABANKIRENK Semarang),” Diponegoro J. Manag., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2017.

S. W. Putro, H. Saemuel, and R. Karina, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya,” J. Manaj. Pemasar., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2014.

A. Oktaviani, R. Cornelia, and D. Wibisono, “Improving Customer Loyalty in PT Home Center Indonesia Using the C4 . 5 Algorithm Method and CSI Method ( Customer Satisfaction Index ),” Nucleus, vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2022.

S. F. Damanik, A. Wanto, and I. Gunawan, “Penerapan Algoritma Decision Tree C4 . 5 untuk Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga pada Desa Tiga Dolok,” J. Krisnadana, vol. 1, no. 2, pp. 21–32, 2022.

N. Azwanti and E. Elisa, “Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Algoritma C4.5,” SNISTEK 3, pp. 126–131, 2020.

R. Octhario and S. Karnila, “Sistem Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kecenderungan Memilih Menu Makanan Dengan Metode Association Rule Mining (Studi Kasus: Kedai Kemangi),” J. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 80–89, 2013.

S. M. Widodo and J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018.

T. Putra and N. K. Sumiari, “Pengukuran Customer Satisfaction Index Terhadap Pelayanan di Century Gym,” vol. 7, no. 1, pp. 25–37, 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v6i1.20545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.