Pengembangan Produk Dan Analisis Kelayakan Usaha Meja Belajar Kayu Dengan Menggunakan QFD

Saripah Khodijah(1*), Risma Fitriani(2)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Produk meja belajar kayu mempunyai potensi pasar yang besar karena meja belajar banyak dipakai oleh kalangan pelajar dan mahasiswa terutama saat ini Indonesia sedang berada pada keadaan bonus demografi yaitu lebih banyaknya kalangan muda daripada kalangan tua. Tetapi, ada ketidak puasan akan meja belajar yang ada dipasaran saat ini seperti desain yang kurang menarik, tidak nyaman digunakan, tingkat kekuatan dan keawetan yang rendah, tidak multifungsi dan varian warna yang tidak beragam. Maka, penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan produk meja belaja kayu yang memperhatikan desain, kenyamanan, kekuatan, keawetan, multifungsi, dan varian warna yang beragam dengan menggunakan metode pendekatan Quality Function Deployment (QFD) yang dibuat berdasarkan data hasil kuisioner yang dilakukan dan melakukan analisis kelayakan investasi usaha. Analisis kelayakan investasi usaha yang dimaksud dengan melakukan analisis finansial yang terdiri dari perhitungan biaya overhead pabrik (BOP), harga pokok produksi, harga jual, hasil penjualan, return on invesment (ROI), Payback Period (PP), Metode Break Event Point (BEP), analisis laporan laba rugi, arus kas (cash flow), Metode Net Present Value (NPV), serta Metode Internal Rate of Return (IRR), dan Profitability Index (PI). Selain itu juga dilakukan analisis pasar dengan metode SWOT yang dibandingkan dari produk pesaing. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa internal rate of return atau IRR sebesar 27,2% yang artinya lebih besar dari coast of capital 6%, Net B/C diperoleh hasil 1,51 yang berarti melebihi 1 serta untuk profitability index memperoleh hasil 9,9 yang melebihi 1. Maka, kelayakan investasi yang akan dilakukan dinyatakan layak untuk dilaksanakan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


M. S. A. Dharma, Gentha Oryza; Lucitasari, Dyah Rachmawati; Khannan, “Perancangan Ulang Headset Dan Penutup Mata Untuk Tidur Menggunakan Metode Nigel Cross,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 11, no. 1, pp. 65–77, 2018.

N. P. Maypeni et al., “Product Engineering Dan Analisis Kelayakan Investasi Pengembangan Produk Cairan Pelapis Permukaan Air Pada Kloset,” J. Tek. Ind., vol. 14, no. 2, pp. 103–110, 2019.

S. Nailuvary and H. M. Ani, “Strategi Pengembangan Produk pada Handicraft Citra Mandiri di Desa tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember,” J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 14, no. 1, pp. 185–193, 2020, doi: 10.19184/jpe.v14i1.11872.

R. S. Wahyuni, E. Nursubiyantoro, and G. Awaliah, “Perancangan dan Pengembangan Produk Helm Menggunakan Metode Quality Function Deployment ( QFD ),” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 13, no. 1, pp. 6–16, 2020.

F. Ardani, R. Ginting, and A. Ishak, “Perancangan Desain Produk Spring Bed Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment,” J. Tek. Ind. FT USU, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2014.

R. Prabowo and M. I. Zoelangga, “Pengembangan Produk Power Charger Portable dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 8, no. 1, pp. 55–62, 2019, doi: 10.26593/jrsi.v8i1.3187.55-62.

R. A. Purnomo, Riawan, and L. O. Sugianto, Studi Kelayan Bisnis. 2017.

G. A. Dwiputra, “Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Rumah Makan Krebo Jantan,” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 2, pp. 85–90, 2017.

H. E. G. Permata and A. Laila, “Analisis Kelayakan Pengembangan Produk Alat Permainan Edukatif dengan Pengenalan Bahasa Arab bagi Anak Usia Dini,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 63–74, 2019.

E. M. Widyaningsih; W and P. Siddi, “Analisis strategi manajemen PT . Derma Kusuma Artha dalam mengembangkan usaha ( Analyzing the management strategy of PT Derma Kusuma Artha in developing the business ),” J. Akuntansi, Keuangan, dan Manaj., vol. 1, no. 4, pp. 239–253, 2020.

D. P. S. I. A. Masnunah; Putri, “Analisis Kelayakan Usaha Busana Muslim Melalui Aspek Teknis, Pemasaran Dan Finansial Di UMKM Moma Libas Taqwa,” vol. 3, no. 1, pp. 24–32, 2020.

Sunarsasi and N. R. H. Hartono, “Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi),” J. Translitera, vol. 9, no. 1, pp. 22–31, 2020.

M. Neldi, “Analisis Strategi Pemasaran Pada PT Samsung,” J. Manaj. Pendidik. dan iImu Sos., vol. 1, no. 1, pp. 506–515, 2020, doi: 10.38035/JMPIS.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v5i1.13969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.