PENGARUH EMPLOYER BRAND TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
(1) 
(2) Padjadjaran University
(3) Padjadjaran University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employer brand terhadap employee engagement pada karyawan generasi millennials PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dengan ukuran 38 orang. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari deskripsi data variabel penelitian, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel employer brand (X) berada dalam kategori tinggi dengan skor sebesar 3707 dan variabel employee engagement (Y) juga berada dalam kategori tinggi dengan skor sebesar 2562. Untuk nilai tingkat sensitivitas employer brand terhadap employee engagement karyawan millennials PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung adalah 44% yang ditunjukkan dengan koefisien regresi Y = 29,12 + 0,44X dan koefisien determinasi (KD) sebesar 37,6%. Dalam uji hipotesis, diperoleh p-value (0,000) < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel employer brand mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel employee engagement karyawan generasi millennials PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung, dimana variabel employee engagement memberikan kontribusi sebesar 37,6% terhadap variabel employer brand, sementara sisanya 62,4% berasal dari konstribusi variabel lainnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ambler, T., & Barrow, S. (1996). The Employer Brand. Journal of Brand Management, vol 4, 185-206.
Amelia, A. (2017). Employer Branding (When HR is the New Marketing). . Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Baumruk, R. (2004). The Missing Link: Role of Employee Engagement In Business Success. Workpan, Vol 47, , 48-52.
Collins, J. (2001). Good to Great: Why Some Companies Make the Leap—and Others Don’t. New York: Harper.
Dale Carnegie Indonesia. (2016). dalecarnegie.id. Retrieved from www.dalecarnegie.id: https://www.dalecarnegie.id/medi-coverage/infografis-millenial-ogah-terlibat-sepenuhnya-di-perusahaan/
Dessler, G. (2015). Human Resources Management. New Jersey: Prentice Hall.
Hatch, M. J., & Schultz, M. (2003). Organization Culture, Identity and Image. European Journal of Marketing.
https://ekbis.rmol.co/. (2011, July Wednesday). https://ekbis.rmol.co/read/2011/07/27/34377/Telkom-Sabet-Best-Employer-Brand-Award. Retrieved from https://ekbis.rmol.co: https://ekbis.rmol.co/read/2011/07/27/34377/Telkom-Sabet-Best-Employer-Brand-Award.
Human Capital Divisi Regional III Telkom Witel Bandung. (2017). Database Employee engagement index Telkom Group By Age. Bandung: PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel.
Jasfar, F. (2009). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kahn, W. (1990). Psychological Conditions Of Personal Engagement And Disengagement At Work. Academy of Management Journal, vol. 33; No. 4; pp.692-724.
Kunerth, B., & Mosley, R. (2011). Applying employer brand management to employee engagement. Strategic HR Review, Vol. 10; No. 3; pp. 19-26.
Martin, C. A., & Tulgan, B. (2002). Managing the Generational Mix. Amherst, Ma: HRD Press.
Melin, E. (2005). Employer Branding: Likenesses and Differences Between External and Internal Employer Brand Images. diva-portal.org.
Robbins, S. P. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Schaufeli, W., & Bakker, A. (2010). Defining and measuring work engagement: Bringing clarity to the concept. In W. Schaufeli, & A. Bakker, Work Engagement: A Handbook of Essential Theory and Research.
Sedarmayanti. (2009). Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung: Mandar Maju.
Soetopo, H. (2010). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v8i2.9264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.