DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL WULING WILAYAH JABODETABEK PADA PT. SGMW MOTOR INDONESIA
(1) Universitas Borobudur
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Univeritas Borobudur
(*) Corresponding Author
Abstract
Maraknya mobil murah di Indonesia menjadi peluang bagi perusahaan otomotif Cina. Namun, mobil Cina butuh sentuhan magis untuk bisa bersaing di pasar otomotif Indonesia dan bersaing dengan mobil Jepang atau Korea Selatan. Hal ini juga membutuhkan modal yang kuat untuk berekspansi di dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pengaruh faktor kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 90 responden. Data diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung variabel karakteristik pelanggan, harga, promosi terhadap kepuasan pelanggan dan karakteristik pelanggan,harga,promosi, kepuasan pelanggan terhadap Keputusan pembelian dengan bantuan software SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelanggan, harga dan promosi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan berfungsi sebagai mediator pengaruh tidak langsung karakteristik pelanggan, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aaker, D. A. (2012). Win the Brand Relevance Battle and Then Build Competitor Barriers. California Management Review, 54(2), 43–57. https://doi.org/10.1525/CMR.2012.54.2.43
Abiyyuansyah, F., Kusumawati, A., & Irawan, A. (2019). ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi pada Strategi Content Marketing Amstirdam Coffee Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 73(1), 78–87. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2905
AMA. (2022). Definitions of Marketing. In American Marketing Association. AMA. https://doi.org/10.1177/002224299005400201
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran : dasar,konsep,strategi (16th ed.). Raja Granfindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/manajemen-pemasaran-dasar-konsep-dan-strategi/
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar. https://onesearch.id/Record/IOS2785.slims-43454#details
Bachrudin, A., & Tobing, H. L. (2017). Lisrel 8 : Analisis Data Untuk Penelitian Survai Dilengkapi Dengan Contoh Kasus (2nd ed., Vol. 1). In Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1183386
Engel, James F., Blackwell, R. D., & Winiard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen (F. . Budijanto (ed.)). Binarupa Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=134470
Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL NISSAN X-TRAIL PADA PT. WAHANA WIRAWAN MANADO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2221–2229. https://doi.org/10.35794/EMBA.V5I2.16521
Hasan, A. (2013). MARKETING DAN KASUS-KASUS PILIHAN. CAPS (Centre OF Academic Publishing Service).
Hikmawati, K. A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei terhadap Mahasiswa Peserta Telkomsel Apprentice Program Pembeli Kartu SimPATI di GraPARI Telkomsel Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 11–18. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1450
Ismail, S., Ahmad, Y., & Hamzah, H. (2008). Heritage Conservation for City Marketing: The Imaging of the Historic City of Georgetown, Penang. Journal of Design and Built Environment, 4(1), 27–40. http://ijie.um.edu.my/index.php/jdbe/article/view/4960
Kotler, P. (2010). Kotler On Marketing : Bagaimana Menciptakan, Memenangi, dan Mendominasi Pasar. Karisma Publishng Grup.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management Edition Global (14th ed.). Pearson Education Asia.
Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1237–1245. https://doi.org/10.35794/EMBA.2.3.2014.5802
Lumintang, M. C. (2013). PROMOSI DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MANADO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1033–1041. https://doi.org/10.35794/EMBA.1.4.2013.2841
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (3rd ed.). Salemba Empat. https://onesearch.id/Record/IOS2785.slims-43401/TOC#details
Munandar, A. (2016). THE STRATEGY DEVELOPMENT AND COMPETITIVE ADVANTAGES OF MICRO SMALL MEDIUM ENTREPRISE BUSINESS INSTITUTION TOWARD REGIONAL DEVELOPMENT. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(2), 103–112. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v1i2.10233
Nikmah, F., Hasan, H., & Mardika, E. M. P. (2018). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE. Khazanah Ilmu Berazam, 1(2), 1–6. https://ejournal.ymbz.or.id/index.php/KIB/article/view/15
Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. PT Gramedia Pustaka Utama. https://onesearch.id/Record/IOS2883.JABAR000000000099208/Preview#description
Riduwan, Suwarno, B., & Kuncoro, E. A. (2007). Cara menggunakan dan memaknai path analysis (analisis jalur): lengkap dengan contoh Tesis dan Perhitungan SPSS 17.0. Alfabetta. https://onesearch.id/Record/IOS1.INLIS000000000015458/Description#description
Sangadji, E. M. (2014). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (Sopiah & N. W. K (eds.)). Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=872623
Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. (2010). A Beginners Guide to Structural Equation Modelling (3rd ed.). Routledge. https://onesearch.id/Record/IOS3757.JATEN000000000061437#details
Setiadi, A. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 16(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v16i2.1283
Sofuwan, T. M., & Nurrahmi, M. (2015). PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASURANSI PADA PT. SEQUISLIFE INSURANCE CABANG PALEMBANG. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.32502/JIMN.V5I1.301
Stanton, W. J. (1993). Prinsip Pemasaran (Y. Lamarto (ed.); 7th ed., Vol. 3). Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=242807
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. https://onesearch.id/Record/IOS2726.slims-97084#description
Sutisna, S., & Djuwendah, E. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJERIAL USAHA MIKRO KECIL DI DESA SUKADANA, KECAMATAN CIMANGGUNG, KABUPATEN SUMEDANG. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(4), 220–224. https://doi.org/10.24198/DHARMAKARYA.V8I4.23964
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (A. Diana (ed.); Edisi Terb). Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1194585
Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MORNING BAKERY BATAM. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123–136. https://doi.org/10.35314/INOVBIZ.V4I2.76
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v8i2.7711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.