ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP MAHASISWA BARU DALAM MEMUTUSKAN STUDI LANJUT PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MANDALA JEMBER

Hayatul Maspufah(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis unsur-unsur Marketing Mix yang mempengaruhi mahasiswa baru dalam memutuskan studi lanjut pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu yang diperoleh dari hasil pengumpulan kuisioner terhadap mahasiswa baru STIE Mandala Jember angkatan tahun 2019. Pengambilan sampel menggunakan tehnik Proportional Random Sampling. Pengujian dilakukan terhadap tujuh variabel Marketing Mix, yang terdiri dari: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Personil, Proses, Bukti Fisik dengan model analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil uji F, menunjukkan bahwa secara simultan variabel X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Promosi), X4 (Lokasi), X5 (Personil), X6 (Proses) dan X7 (Bukti Fisik) berpengaruh signifikan terhadap (Y) keputusan mahasiswa studi lanjut  di STIE Mandala Jember. Hasil uji t, menunjukkan bahwa masing-masing variabel X1 (Produk), variabel X2 (Harga), variabel X3 (Promosi), variabel X4 (Lokasi), dan variabel X7 (Bukti Fisik)  berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan mahasiswa studi lanjut di STIE Mandala Jember, sedangkan variabel X5 (Personil) dan variabel X6 (Proses) tidak berpengaruh secara signifikan  terhadap keputusan mahasiswa studi lanjut di STIE Mandala Jember. Variabel yang berpengaruh paling dominan dari penelitian ini adalah variabel promosi.


Keywords


Keputusan, Pemasaran Jasa (Marketing Mix), Studi Lanjut

Full Text:

PDF

References


Abril, C., & Rodriguez-cánovas, B. (2016). Marketing mix effects on private labels brand equity. European Journal of Management and Business Economics, 25(3), 168–175. https://doi.org/10.1016/j.redeen.2016.09.003

Gazali, S. (2017). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani, 1(3), 83–95. http://ejamm.stiemadani.ac.id/FILE/20171115071434Jurnal 6 online baru.pdf

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2014). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. JURNAL MANAJEMEN & BISNIS, 14(1), 21–37.

Išorait?, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research - GRANTHAALAYAH, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.5281/zenodo.56533

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. Raja Grafika Persada.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisa Data Penelitian dengan SPSS. Gava Media.

Rambat, L. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.

Sama, Marnisah, L., & Hendro, O. (2017). Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan ahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya.

Santoso, S. (2010). SPPS Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Elox Media Komputindo.

Sefudin, A. (2014). REDEFINISI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) “4P” KE “4C.” Journal of Applied Business and Economics, 1(1), 17–26.

Singh, M. (2012). Marketing Mix of 4P ’ S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM), 3(6), 40–45.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Suhardi, Y., & Pragiwani, M. (2017). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STEI) JAKARTA. Jurnal STEI Ekonomi, 26(2), 230–247.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. ANDI.

Yuniarsih, A., Hakim, L., & Sudodo, Y. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMK NEGERI 1 SUMBAWA BESAR (STUDI KASUS ANGKATAN 2017/2018). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37673/jebi.v3i2.35




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i4.5830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.