ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Rahma Nur Praptiwi(1*), Sri Isti Untari(2)

(1) Politeknik Negeri Jakarta
(2) Politeknik Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Para pihak pelaku usaha melaksanakan kompetisi yang sangat kera guna menarik simpati dari pihak konsumen. Sebagian konsumen yaitu sekitar 24 juta penduduk Indonesia adalah Warga Negara Berkebutuhan Khusus atau disabilitas. Individu dengan hambatan intelektual mempunyai keterbatasan dalam hal fungsi di dalam adaptif dan juga fungsi dalam pikir, hal ini disebabkan oleh tingkatan dari kecerdasannya yang pada umumnya di bawah rata-rata. Hal itu tampak dalam keterbatasan mereka ketika berkomunikasi dan dalam keterampilan bersosialisasi. Program Studi (Prodi) Manajemen Pemasaran untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus (MP-WNBK) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memfasilitasi individu dengan disabilitas untuk dapat turut mendapatkan pendidikan vokasional tingkat diploma. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini ialah guna melaksnakan penganalisisan berkenaan dengan pengaruh dari faktor-faktor yang memberikan sumbangan pengaruh pada keputusan pembelian pada keputusan pembelian produk pada WNBK. Metode yang dipergunakan di dalam pelaksanaan penelitian ialah observasi dan kuesioner. Lokasi penelitian di Program Studi MP-WNBK PNJ dengan membuat ruangan simulasi yang berisi rak-rak berisi aneka produk minuman dalam kemasan. Hasil penelitian menunjukkan faktor pengambilan keputusan bagi Warga Negara Berkebutuhan Khusus adalah faktor psikologi dan faktor sosial.


Keywords


pengambilan keputusan, warga berkebutuhuhan khusus

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amri, S. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN. Ihtiyath, 2, 149–171.

Arbana Syamantha, N. S. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA OJEK ONLINE (GO-JEK). Psikologi Prima, 1(1), 27–38.

Dewanto, A. C., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). PENGARUH BUDAYA , SOSIAL , PRIBADI , DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA ( STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO ) THE INFLUENCE OF CULTURE , SOSIAL , PERSONAL , AND PSYCHOLOGICAL TO. EMBA, 6(3), 1878–1887.

Firman maulana, S. (2016). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PASAR TRADISIONAL (Studi Pada Pasar Progo, Desa Tropodo, Waru-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 4(1), 1–13.

Ismunandar, Y. A. L. (2019). PENGARUH FAKTOR BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LO’I ME’E MBOJO DI KOTA BIMA. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 5(2), 101–111.

Karosekali, A. S., & Natasha, N. (2018). ANALISIS FAKTOR - FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINYAK GORENG PADA MEREK FILMA STUDI KASUS : BRASTAGI SUPERMARKET CABANG GATOT SUBROTO MEDAN . Agriprimatech. Agriprimatech, 2(1), 29–39.

Mindari, E. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROTI ISI KRIM DURIAN (JORDAN BAKERY) DI DESA RANTAU SIALANG KECAMATAN SUNGAI KERUH. Ekonomika, XI(2), 46–61.

Natanael, K. (2020). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi generasi y di surabaya. Jurnal AGORA, 8(1).

Pinem, L. J. (2018). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli di Kecamatan Kota Pinang Kab Labuhanbatu Selatan. Agriprimatech, 1(2), 2014–2016.

Prabowo, F. H. E. (2017). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh). Edukasi, 5(2), 165–168.

Ruhamak, M. D. (2016). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM MERK AQUA (Studi kasus di UD Budi Jaya Kediri). EkoNika, 1(1), 38–49.

Saerang, I. S., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Speaker Merek Yamaha Di Fortino Audio Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1). https://doi.org/10.35794/emba.v6i1.18826

Sari, I. P. (2016). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 132–142. http://fe.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2009/07/42-Elizabeth-Ginting.pdf

Suawa, A. J., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI NEW AYAM BANDUNG RESTO KAWASAN MEGAMAS MANADO. EMBA, 7(4), 5195–5204.

Timmerman, V. A., Mandey, S., & Rate, P. Van. (2017). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TEXAS CHICKEN MANADO. EMBA, 5(2), 1113–1122.

Widinarsih, D. (2019). PENYANDANG DISABILITAS DI INDONESIA: PERKEMBANGAN ISTILAH DAN DEFINISI. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 127–142.

Yusra Mauliza Nasution, Iskandarini, H. H. (2018). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR PREMIUM OMEGA-3 DI KOTA MEDAN. Journal On Sosial Economic of Agriculture and Agribusiness, 0(8).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v7i1.5261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.